Friday 10 June 2016

Riwayat Ratu Elizabet I



Ratu Elizabeth I
Lebih dari 400 tahun lalu tampil seorang wanita yang membawa kedamaian dan kemakmuran bagi Ingris selama 45 tahun melalui ketetapan hati dan kebijakannnya. Dia adalah Ratu Elizabeth I. Hidupnya sebagai seorang putri bangsawan semula amat merana. Ibunya di eksekusi ayahnya sendiri. Ia diabaikan dan dipenjara semasa gadis, tapi setelah kematian kakak tirinya yaitu Ratu Mary, ia menjadi ratu yang tanggung dan populer. Ia berusaha mengakhiri konflik agama antara Katolik dan Protestan dengan menetapkan bahwa Gereja Anglikan memang protestan tapi harus moderat. Sehingga merangkul sebanyak mungkin rakyat. 
Bertahun-tahun ia menghindari perang antar bangsa. Konflik paling berbahaya yang dialaminya terjadi ketika Philip II, raja Spanyol mengerahkan Armada melawan Ingris. Masa bakti Elizabeth sering disebut Zaman Emas. Balai Ratu menjadi pusat kegiatan para penyair, pemusik dan penulis.
Zaman Elizabeth, Elizabeth adalah Ratu Inggris pertama yang namanya diabadikan sebagai nama sebuah zaman. Seni musik, sastra dan teater berkembang pesat selama masa pemerintahannya. Kendati menghadapi ancaman dari luar dan konflik agama didalam negeri, ia tetap setia akan tugas dan amat dihormati rakyatnya.
Sir Walter Raleigh, salah seorang favorit Elizabeth di kalangan istana adalah Sir Walter Raleigh (1552-1618). Pada tahun 1584 ia diangkat sebagai ksatria, kemudian dijadikan kepala garda istana. Ia berkali-kali berlayar mengarungi lautan Atlantik, mendirikan koloni Inggris di Virginia dan membawa tembakau dan kentang dari Amerika ke Eropa.
Ratu Mary dari Skotlandia, Mary adalah sepupu Elizabeth dan pewaris tahta. Ia beragama Katolik. Setelah dipaksa turun tahta di Skotlandia, ia lari ke Inggris untuk mencari suaka dari Elizabeth. Tapi kemudian ia terlibat upaya makar orang Katolik terhadap Elizabeth. Dengan berat hati, Ratu Elizabeth akhirnya menjatuhinya hukuman mati.
Armada spanyol, pada bulan Juli 1588 Philip II, raja Spanyol mengerahkan armada yang terdiri dari atas hampir 150 kapal perang untuk menyerbu Inggris dan memulihkan agama Katolik disana. Sir Francis Drake (1540-1596) menjadi komandan armada Inggris untuk melawan Spanyol. Tertolong oleh badai, Inggris akhirnya berhasil menaklukkan armada besar Spanyol.

Ratu Elizabeth I
Riwayat Ratu Elizabeth I
·         1533 Lahir sebagai putri henry VIII dan Anne Boleyn
·         1536 Ibunya dihukum mati karena dianggap berkhianat
·         1554 Dipenjarakan di Menara London
·         1558 Dinobatka menjadi ratu
·         1559 Mendirikan Gereja Anglikan Protestan melalui Dekrit Kerajaan
·         1587 Memerintahkan eksekusi atas Ratu Mary dari Skotlandia
·         1603 Ratu Elizabet I Wafat

No comments:

Post a Comment