Friday 10 June 2016

Energi


Atlet Angkat Besi Indonesia

Mobil bergerak, terompet mengeluarkan suara dan lilin memancarkan cahaya. Semuanya terjadi karena energi. Energi adalah kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi. Jika kamu melemparkan sebuah batu, itu berarti kamu memberikan energi gerak kepada batu itu. 

Energi gerak batu itu bsa terlihat jika batu itu lalu membentur kaca. Semua makhluk hidup bergantung pada energi. Hampir semua energi berasal dari matahari. Energi surya membuat tumbuhan berkembang. Lalu tumbuhan dimakan hewan. Energi dari makanan itu tersimpan dalam otot hewan dan siap untuk diubah menjadi gerak.

Walaupun tidak dapat dilihat, energi dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain ataupun disimpan. Sebagai contoh di puncak air terjun, energi yang tersimpan itu berubah menjadi energi gerak yang kemudian mengalir sampai ke dasar air terjun. Energi panas, seperti panas matahari menyebar karena dihantar oleh suatu gelombang yang tidak terlihat oleh mata. Gelombang ini disebut sinar inframerah atau radiasi panas. Cahaya hanya salah satu bentuk energi yang dihantar oleh gelombang. Bentuk-bentuk lainnya antara lain sinar X dan gelombang radio. 

Beberapa stasiun pembangkit listrik menghasilkan listrik dari energi nuklir yang berasal dari inti atom. Peralatan listrik mengubah energi arus listrik menjadi energi lainnya, termasuk panas, cahaya dan gerak. Minyak dan batubara mengandung energi kimia yang berubah menjadi panas dan cahaya kalau bahan bakar tersebut dibakar. Baterai akan kehabisan energi setelah semuanya berubah menjadi panas pada kawat serta panas dan cahaya pada bola lampu.

Usaha, Energi Dan Daya
Bila suatu gaya menggerakkan benda, energi dipindahkan ke benda itu atau sekelilingnya. Pemindahan ini disebut usaha. Jumlah usaha tergantung pada besar gaya dan jarak perpindahannya. Atlet angka besia melakukan usaha besar untuk mengangkat barbel berat tinggi-tinggi. Ukuran usaha ialah daya. Semakin cepat barbel diangkat, semakin besar daya yang harus dikeluarkan.

Energi potensial, energi dapat tersimpan sebagai energi potensial sampai kemudian berubah menjadi energi lain misalnya energi gerak. Contoh energi potensial, energi air waduk yang menunggu masuk turbin, energi kimia dalam baterai dan energi pegas yang menunggu dilepas.

Energi Kinetik, benda yang sedang bergerak misalnya pesawat terbang perlu energi gerak yang disebut Energi Kinetik. Saat berhenti pesawat menghentikan energi kinetik. Hal ini sering menimbulkan panas, misalnya pada rem.

Energi panas, seperti panas matahari, menyebar karena dihantar oleh suatu gelombang yang tidak terlihat oleh mata. Gelombang ini disebut sinar inframerah atau radiasi panas. Cahaya hanya salah satu bentuk energi yang dihantar oleh gelombang. Bentuk-bentuk lainnya antara lain sinar X dan gelombang radio. Gelombang suara adalah getaran udara. Maka gelombang suara menghantar energi kinetik. Beberapa stasiun pembangkit listrik menghasilkan listrik dari energi listrik yang berasal dari inti atom. Peralatan listrik mengubah energi arus listrik menjadi energi lainnya, termasuk panas, cahaya dan gerak.

Jenis-jenis energi
Ada berbagai bentuk energi, dan energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Contohnya di stasiun pembangkit listrik. Di situ energi kimia yang tersimpan dalam batu bara menjadi energi panas. Energi panas ini digunakan untuk mendidihkan air. Lalu turbin mengubah energi panas uan menjadi energi listrik. Energi listrik ini lalu dialirkan kerumah-rumah dan pabrik. Minyak dan batu bara mengandung energi kimia yang berubah menjadi panas dan cahaya kalau bahan bakar tersebut dibakar.

Sumber energi, penduduk dunia memakai energi dalam jumlah amat besar. Kebanyakan energi itu berasal dari batubara, minyak, gas, dan uranium (bahan bakar nuklir). Tapi semua itu suatu saat akan habis dan tidak bisa diganti. Kini para ahli melakukan percobaan terhadap sumber energi yang tidak habis-habisnya, yang disebut sumber yang bisa diperbaharui. Ini mencangkup matahari, angin, ombak, pasang surut dan pasang naik. Minyak dan batubara mengandung energi kimia yang berubah menjadi panas dan cahaya kalau bahan bakar tersebut dibakar.

Siklus energi, energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Kiranya satu-satunya pengecualian adalah bila suatu materi berubah menjadi energi dalam reaktor nuklir. Tapi hukum tersebut tetap berlaku, karena sebenarnya energi dan materi sama saja dan yang satu dapat diubah menjadi yang lain. Baterai akan kehabisan energi setelah semuanya berubah menjadi panas pada kawat serta panas dan cahaya pada bola lampu.


No comments:

Post a Comment