Wednesday 8 June 2016

Riwayat Dokter




Dokter
Bila kamu sakit, mungkin kamu memerlukan seorang dokter. Dokter adalah orang yang terlatih untuk mengetahui penyakit seseorang dan cara menyembuhkannya. Biasanya, dokter umumlah yang pertama kamu cari. Dokter  ini memiliki pengetahuan mengenai aneka penyakit. Mereka juga melakukan pemeriksaan dan memberi vaksinasi. Tergantung pada penyakitmu, dokter dapat menganjurkan kamu untuk dioperasi atau diperiksa dokter spesialis. 

Ahli bedah adalah dokter yang menangani pembedahan atau operasi. Mereka membedah tubuh pasien dan mengeluarkan atau mengobati organ yang sakit. Ada juga dokter spesialis lain, seperti ahli pediatri yang khusus merawat kesehatan anak. Untuk menjadi dokter, seseorang harus belajar 5 – 6 tahun di sekolah kedokteran dan bertugas 1 tahun di rumah sakit.

Peralatan dokter, dokter menggunakan peralatan sinar X dan aneka peralatan khusus lain untuk membantu mereka mengetahui penyakit pasien. Fhoto sinar X menampakkan tulang yang patah dan beberapa penyakit seperti kanker paru-paru. Stetoskop memungkinkan dokter untuk mendengar getaran paru-paru dan aliran darah. Kapak pengetuk bagian bawah lutut menguji gerak refleks lutut pasien yang sehat akan tersentak. Dengan sebuah autoskop, dokter dapat melihat jelas bagian telinga. Oftalmoskop digunakan untuk memeriksa bagian dalam mata.

Ruang praktek dokter, dokter keluarga biasanya mengunjungi pasien yang sakit di rumah mereka. Pasien yang cukup kuat mengunjungi dokter di ruang prakteknya. Di sana dokter mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan memeriksa pasien. Kemudian dokter membuat diagnosis (menentukan jenis penyakit). Sebelum memberi perawatan tertentu, dokter mungkin juga memerlukan pemeriksaan dengan sinar X atau tes darah.

Dokter keliling, di bagian dunia yang terpencil, dokter berkeliling dari desa ke desa untuk menangani masalah kesehatan. Jika jumlah dokter tidak mencukupi, para tenaga medis dapat belajar untuk mengobati masalah kesehatan umum. Di Australia dan Kanada, dokter terbang dapat mencapai daerah yang terpencil dengan pesawat udara.

Bedah mikro, dengan bantuan mikroskop ahli bedah dapat melihat dan mengoperasi bagian tubuh yang sangat kecil. Teknik ini, yang disebut bedah mikro, memungkinkan ahli bedah memperbaiki organ yang sangat kecil atau memotong yang rusak tanpa harus melakukan pembedahan besar. Ahli bedah mikro dapat mengoperasi bagian-bagian lembut di mata dan telinga, dan menyambungkan jari yang putus.

Sumpah hippokrates, dokter telah ada sejak zaman dahulu. Ada seorang dokter yunani terkenal, namanya hippokrates, yang hidup 2.500 tahun lalu. Dia mengucapkan sumpah untuk memelihara kehidupan dan bekerja demi kepentingan setiap orang. Kini dokter harus mengucapkan sumpah yang sama setelah mereka menyelesaikan pendidikan.

No comments:

Post a Comment