Tuesday 7 June 2016

Dinosaurus


Dinosaurus

PENGETAHUAN KITA TENTANG DINOSAURUS baru sekitar 150 tahun, padahal mahkluk raksasa ini sudah menjelajahi bumi sejak 160 juta tahun lalu, jauh sebelum manusia ada. Ilmuwan pertama kali melakukan pengkajian dinosaurus tahun 1820-an, saat ditemukan fosil mahkluk yang tidak dikenal. Dari fosil itu dapat diketahui habitat, sosok dan makanannya. 

Dinosaurus adalah reptilia darat. Nama dinosaurus sendiri berarti kadal yang mengerikan seperti kadal, kebanyakan dinosaurus berkulit keras dan bersisik. Dinosaurus terdiri atau ratusan jenis, yang terbagi dalam dua kelompok besar yaitu : 1. Ornitichian (bertulang pinggung burung), misalnya Protoceratops, dan 2. Saurischian (bertulang pinggung kadal), misalnya Diplodocus. Tidak semua dinosaurus berukuran raksasa misalnya Compsognathus hanya sebesar ayam dan Heterodonsaurus sebesar anjing besar. Sebagian dari dinosaurus seperti Tyrannosaurus adalah karnivora (pemakan daging), sedang yang lain seperti Stegosaurus adalah herbivora (pemakan tumbuhan). Sekitar 65 juta tahun lalu, semua dinosaurus dan reptilia air maupun reptilia terbang musnah secara bersamaan. Hingga kini, penyebab kepunahan tersebut masih misteri.

Kadal Hijau

 Reptilia, Dinosaurus adalah reptilia seperti buaya, aligator atau kadal seperti tampak di atas. Seperti reptilia lainnya. Dinosaurus bersisik dan bertelur. Tidak seperti kadal dan reptilia lainnya, dinosaurus memiliki tungkai panjang sehingga dapat bergerak lebih cepat.

Tyrannosaurus Rex
Tyrannosaurus adalah dinosaurus dan juga hewan darat karnivora terbesar sepanjang masa. Para ilmuwan pertama kali menemukan fosilnya di Amerika Utara. Tyrannosaurus berukuran panjang 14 meter dan tinggi 6 meter. Giginya berukuran lebih dari 15 cm. Bobotnya mencapai sekitar 7,3 ton, sehingga terlalu berat untuk berlari kencang dan mengejar dinosaurus lain. Tyrannosaurus memakan hewan-hewan kecil, hewan yang sakit dan bangkai dinosaurus lainnya. Tyrannosaurus memiliki tangan kecil yang tidak dapat menjangkau mulutnya sendiri. Tidak diketahui apa kegunaan tangan ini. Tyrannosaurus Rex termasuk dalam kelompok dinosaurus bertulang pinggul kadal, yang disebut Saurischian.

Gorgosaurus
Dinosaurus pemakan daging seperti Gorgosaurus punya gigi besar serta otot rahang kuat untuk menggigit benda keras. Tidak semua gigi dinosaurus sebesar ini, bahkan ada yang hanya sebesar gigi manusia. Dinosaurus pemakan daging sering kali memiliki cakar besar dan kuat mencengkeram mangsanya. 

Iguanodon
Iguanodon termasuk herbivora. Iguanodon dewasa berukuran panjang sekitar 10 meter, dengan cakar-cakar kecil pada tungkainya. Beberapa ilmuwan meyakini bahwa Iguanodon hidup berkelompok, karena dari beberapa daerah penggalian di Eropa di temukan kumpulan fosil Iguanodon bersama-sama di satu tempat. Iguanodon termasuk dalam kelompok dinosaurus bertulang pinggul burung yang disebut Ortichian.

Diplodocus
Diplodocus merupakan salah satu dinosaurus terbesar. Ia termasuk dalam kelompok herbivora yang disebut sauropods. Karena ekornya yang panjang dan pipih, panjangnya mencapai 27 meter. Ia merupakan salah satu dinosaurus terpanjang. Dengan tubuh ramping, bobotnya bisa mencapai sekitar 9 ton. Diplodocus adalah herbivora, semua giginya terletak di bagian depan rahangya untuk memotong dedaunan. Diplodocus tidak mempunyai gigi belakang sehingga tidak dapat mengunyah daging.

Protoceratops
Para ilmuwan menemukan fosil Protoceratops di Gurun. Gobi, Mongolia tahun 1920-an. Tulang-tulang dewasa dan anak ditemukan bersama-sama dengan fosil telur-telurnya. Sekitar 80 juta tahun lalu, daerah ini adalah habitat sejumlah suku Protoceratops. Protoceratops kurang lebih sepanjang 2 meter. Ia diperkirakan menggunting tumbuhan dengan mulutnya yang berbentuk paruh.

Baryonyx
Pada tahun 1983, fosil cakar dan tulang-tulang seekor dinosaurus di temukan di Surrey, Inggris. Dinosaurus ini dinamakan Baryonyx. Fosil sisik ikan juga ditemukan diperutnya. Diperkirakan dinosaurus ini memakan ikan dan menangkap ikan dengan menggunakan cakarnya.

Perkembangbiakan
Fosil Protoceratops menunjukkan bahwa yang betina menggali lubang dangkal dipasir dan meletakkan telurnya dalam pola melingkar. Para ilmuwan menemukan banyaknya sarang yang saling berdekatan. Hal ini menunjukkan bahwa dinosaurus ini bertelur dalam koloni atau kelompok seperti pada beberapa jenis burung dewasa ini.

Kepunahan dinosaurus
Ada banyak pendapat mengenai kepunahan dinosaurus. Sebagian ilmuwan yakin bahwa dinosaurus musnah karena jatuhnya meteorit raksasa ke bumi, yang menghamburkan awan debu hingga menghalangi masuknya sinar matahari. Tanpa sinar matahari, tumbuhan beserta dinosaurus tidak dapat hidup.

Marga-marga dinosaurus
Bentuk dan ukuran dinosaurus amat bervariasi dan tidak semuanya hidup dalam kurun waktu bersamaan. Ada yang hidup 200 juta tahun yang lalu, dan ada pula 70 juta tahun yang lalu. Bagan di bawah ini membandingkan  ukuran beberapa dinosaurus dengan anak usia 10 tahun.
·         Coelophysis, hidup 210 juta tahun yang lalu
·         Diplodus, hidup 140 juta tahun yang lalu
·         Iguanodon, hidup 120 juta tahun yang lalu
·         Ornithosuchus, hidup 210 juta tahun yang lalu
·         Triceratops, hidup 65 juta tahun yang lalu
·         Protoceratops, hidup 80 juta tahun yang lalu
·         Comp-sognathus, hidup 140 juta tahun yang lalu
·         Baryonyx, hidup 120 juta tahun yang lalu
·         Euplocephalus, hidup 75 juta tahun yang lalu
·         Tyrannosaurus, hidup 70 juta tahun yang lalu














No comments:

Post a Comment