Monday 13 June 2016

Proses pembuatan gedung dan menara


Menara kembar petronas di Malaysia

Gedung-gedung pencakar langit menjulang diperkotaan. Menara tertinggi tanpa penyangga ialah CN Tower (553 meter) di Toronto, Kanada. Gedung perkantoran tertinggi ialah Menara Berkembar Petronas (450 meter) di Kuala Lumpur, Malaysia. Bagimana bangunan-bangunan seperti itu bisa tetap berdiri tegak?

Rumah mempunyai dinding dari kayu, batu atau batu bata. Dinding menegakkan rumah dan juga menopang lantai, atap serta dinding itu sendiri. Pencakar langit akan roboh jika dibangun seperti rumah.

Dinding tidak akan mampu menyangga beban gedung tinggi. Karena itu, gedung pencakar langit diberi rangka dari baja atau beton, yang menopang lantai dan dinding yang terbuat dari kaca. Yang juga tersembunyi adalah fondasi dibawah pencakar langit, yang menopang beban seluruh gedung. 

Beton bertulang
Beton cair dituangkan ke cetakan berisi batangan-batangan baja bersilangan. Setelah beton mengeras, terbentuklah bahan kuat yang di sebut beton bertulang.

Mesin pengaduk
Truk dengan drum yang berputar membawa beton cair ke lokasi. Drum ini berputar terus agar beton tidak mengeras.

Tiang pancang
Dasar gedung ditopang tiang baja atau beton (tiang pancang) yang ditancapkan kedalam tanah dengan palu mekanis besar (mesin pancang). Derek bertambah tinggi seiring dengan pertambahan tinggi gedung, derek bisa juga ditaruh di puncak gedung. Rangka gedung terbuat dari tiang-tiang baja atau beton. Sebuah lift dipasang pada sisi gedung untuk membawa pekerja ke atas. Pompa yang sangat kuat memompa beton cair dari bawah ke lantai-lantai atas gedung.

Lokasi Pembangunan
Para pekerja di lokasi pembangunan selalu memakai topi kuat untuk melindungi kepala. Mereka menggunakan banyak mesin untuk membangun gedung tinggi. Penunjang gedung, seperti tiang baja dan pelat beton, dibuat ditempat lain, lalu dibawa ke lokasi. Derek mengangkat penunjang ini ke tempat nya dan para pekerja menyatukannya.

Ekskavator
Parit dan lubang digali dengan ekskavator. Serok ekskavator menggali tanah dan menimbunnya ke bak truk. Ekskavator menggali lubang sangat besar untuk membuat fondasi dan gedung. 

Buldoser
Lokasi bangunan diratakan dulu dengan buldoser. Serok buldoser  membersihkan lokasi itu dari tumbuhan dan sisa tanah.

Fondasi
Tiap gedung disangga oleh fondasi. Fondasi dibuat dengan menggali lubang besar, lalu ditanamkan beton bertulang. Di atas fondasi inilah rangka gedung didirikan.

Perancah
Para pekerja memasang perancah dari pipa-pipa baja agar mereka dapat menjangkau semua bagian gedung. Di timur Jauh, perancah yang kuat dibuat dari bambu-bambu panjang yang diikat.

Bahan bangunan
Sejak dahulu orang telah membangun dengan kayu, batu, dan batubata dari tanah liat. Batu dan batubata disusun dan direkatkan dengan pasir dan semen. Kayu dipotong sesuai dengan kebutuhan, lalu dipasang pada bangunan. Beton yang dibuat dengan mencampur pasir, batu, semen dan air, bisa dibentuk menjadi bangunan apapun.

No comments:

Post a Comment