Monday 13 June 2016

Pengertian dari Gletser, fyord dan dan sirke


gletser

Salju di puncak gunung tertinggi dunia tidak pernah mencair. Suhu jarang naik diatas titik beku. Tumpukan salju baru menimpa lapisan dibawahnya sehingga menjadi es. Lalu terbentuklah lapisan es tebal yang disebut padang es. Ada pula salju yang menumpuk di lembah dan berubah menjadi es. Es itu mengalir ke lereng dibawahnya lewat sungai es yang disebut gletser. Geraknya sangat pelan, biasanya kurang dari 1 m sehari. Karena suhu dilereng umumnya lebih hangat, maka gletser pun mencair.

Dikutub utara dan kutub selatan gletser tidak mencair, tapi bergerak ke laut dan pecah menjadi gunung es atau papan es terapung. Jutaan tahun lalu selama zaman es terakhir, sebagian besar amerika utara dan eropa tertutup padang es. Ketika cuaca menghangat sekitar 10.000 tahun lalu, sebagian es mencair dan padang es menyusut. Kini padang es hanya ada di Greenland dan Kutub Selatan. 

Gletser-gletser sering bergabung seperti sungai-sungai kecil membentuk sungai besar. Ketebalan es bisa lebih dari 1 km. Padang es meliputi daerah sangat luas. Bila tebalnya sudah sekitar 60 m, es mulai bergerak karena berat. 

Lembah gletser dipenuhi es yang bergerak lebih cepat dibagian tengah daripada disisinya. Permukaan gletser bercelah-celah menganga. Glteser mirip dengan sabuk berjalan besar, mengangkut pecahan batuan (moraine) dari puncak gunung. Batuan besar juga ikut terbongkar dari dasar maupun sisi lembah oleh aliran es. Bahan-bahan yang terangkut ini disebut moraine glasial.

Lembah tempat es berkumpul guna memulai pembentukan gletser disebut sirke. 

Pembentukan lanskap
Gletser perlahan-lahan mengikis segala bantuan, bahkan batuan terkeraspun. Akibatnya, lanskap berubah. Kini ada ngarai, danau, sungai dan air terjun ditempat yang sebelumnya semua itu tidak ada. Air laut yang naik pada akhir zaman es menenggelamkan ngarai-ngarai yang terbentuk oleh gletser. Ngarai ini disebut fyord. Pantai norwegia memiliki banyak fyord.

Mamut beku
Di Rusia, gajah besar berbulu yang disebut mamut tetap awet di dalam es dan tanah beku, seolah-olah tersimpan di kulkas. Mamut terakhir hidup di Amerika Utara, Eropa dan Asia selama Zaman es.

Gunung es
Bongkah es besar yang terapung disebut gunung es, sembilan persepuluh bagian gunung es mengapung dibawah air, sehingga sangat berbahaya bagi kapal. Tahun 1912 kapal penumpang Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es.

Zaman es
Lapisan es tebal menutupi sekitar sepertiga daratan bumi di zaman Es terakhir. Lapisan es membentang jauh ke selatan sampai ke St. Louis Missouri dan London. Zaman es lain sudah ada sebelumnya dan di masa mendatang mungkin ada lagi.

No comments:

Post a Comment