Monday 13 June 2016

Lapisan-lapisan Gigi dan jenis gigi



Tiap kali makan, kita menggunakan gigi untuk memotong, mencabik dan mengunyah makanan, agar tubuh kita bisa mencerna dan mengubahnya jadi energi. Gigi terdiri dari 3 bagian utama : Mahkota di atas gusi, leher di permukaan gusi dan akar tersembunyi ditulang rahang. Akar gigi menempel ke rahang dengan lapisan semen. Gigi punya tiga lapisan yaitu email berwarna putih ke kuningan di bagian luar, dentin di bagian tengah, dan rongga pulpa di lapisan terdalam. Pulpa berisi banyak saraf yang berhubungan dengan tulang rahang.

 Ada 4 jenis gigi dengan tugas berbeda-beda. Gigi seri seperti yang seperti pahat dibagian depan memotong dan mengiris makanan. Taring yang panjang dan lancip mencabik-cabik makanan. Geraham premolar dan molar yang lebar dan rata menghancurkan dan menggiling makanan. Sepanjang hidupnya manusia punya dua set gigi, gigi susu ketika masih kanak-kanak dan gigi tetap ketika sudah dewasa.

Gigi sehat
Merawat gigi agar tetap sehat sangatlah penting. Gigi harus dibersihkan dengan sikat, pasta dan benang gigi setiap habis makan. Makanan yang manis merusak gigi dan menyebabkan gigi busuk.

Jenis-jenis gigi
1.      Gigi seri
Bentuk gigi seri yang langsing dan lancip sangat sesuai untuk memotong makanan. Gigi seri hanya memiliki satu akar yang tertanam jauh kedalam tulang rahang. Gigi seri pertama muncul di usia 6-8 bulan dan gigi seri kedua muncul di usia 7-9 tahun.

2.     Taring
Hewan menggunakan giginya tidak hanya untuk makan. Gigi yang besar membantu mereka mempertahankan diri saat berkelahi. Taring babi hutan yang tampak disini merupakan taring yang sangat besar seperti gading gajah. Taring digunakan untuk menakuti-nakuti pamangsa dan kadang untuk menggali makanan dari tanah. Taring tumbuh pada gigi manusia tumbuh di usia 9-12 tahun.

3.     Geraham
Geraham memiliki satu, dua, tiga atau adakalanya empat akar yang tertanam dalam tulang rahang. Geraham menahan tekanan besar saat mengunyah makanan keras. Saraf dan pembuluh darah melewati lubang-lubang kecil di pangkal tiap akar. Mahkota gigi lebar dan rata digunakan untuk menghancurkan dan menggiling makanan. Geraham pertama muncul di usia 1 tahun. Geraham muka pertama dan kedua tumbuh di usia 10 -12 tahun. Geraham belakang kedua muncul di usia 11-13 tahun. Geraham ketiga (geraham bungsu) muncul di usia sekitar 20 tahun ke atas.

4.     Geraham bungsu
Keempat geraham di bagian paling belakang rahang disebut geraham bungsu dan biasanya tumbuh setelah kita berusia 20 tahun. Pada sebagian orang, geraham bungsu tidak pernah tumbuh, tapi tetap tersembunyi dalam rahang. Gigi dewasa terdiri dari 32 gigi

Rahang
Rahang atas terpasang ke tengkorak dan tidak bisa bergerak. Otot  yang kuat pada pipi dan bagian samping kepala menarik rahang bawah ke rahang atas, sehingga gigi-gigi bertemu dengan tekanan yang kuat untuk menggigit. Otot lain menarik rahang bawah ke arah samping, sehingga kita dapat mengunyah  dengan gerakan atas-bawah dan ke samping.

Gigi susu dan gigi tetap
Anak-anak memiliki seperangkat gigi susu, yang biasanya tumbuh pada usia sekitar 2 tahun. Gigi susu berjumlah 20, terdiri dari 8 gigi seri, 4 taring dan 8 geraham. Selama masa kanak-kanak, gigi itu tanggal secara bertahap dan digantikan oleh gigi tetap.


No comments:

Post a Comment