Friday 10 June 2016

Orang Eskimo


Anak-anak suku Eskimo

Orang Eskimo mulai menetap di kutub utara sekitar 4.000 tahun yang lalu. Mereka berasal dari Asia. Orang indian menamakan mereka Eskimo yang berarti pemakan daging mentah. Namun, para pendatang menyebut mereka Inuit, yang artinya lelaki sejati. Orang eskimo hidup mengembara dengan berburu hewan seperti anjing laut dan karibu. Mereka bertahan hidup pada musim dingin dengan menggali tempat perlindungan di bawah tanah. Mereka membuat atap dari kayu atau tulang ikan paus dengan penutup tanah berumput. Mereka menggunakan dua lapis kulit karibu atau bulu beruang kutub untuk pakaian. Sekarang kebanyakan orang eskimo tinggal di perkampungan atau kota kecil. Tapi mereka bangga akan kebudayaan mereka. Mereka memelihara bahasa, kesenian dan nyanyian mereka. Berburu tetap merupakan bagian penting dari kehidupan mereka. 

 
Kini orang eskimo berburu dengan mobil salju, bukan lagi dengan kereta salju. Berburu memerlukan waktu berhari-hari, perbekalan diangkut dengan mobil salju. Untuk menangkap anjing laut, orang eskimo membuat lubang di atas perairan yang membeku, lalu menembaknya ketika naik ke permukaan untuk bernafas. Orang eskimo hidup di siberia, kanada dan greenland. Ada berbagai kelompok eskimo, yang dinamai sesuai dengan nama daerah mereka. Orang eskimo kutub di greenland adalah manusia yang tinggal paling jauh di utara bumi. 

Kesenian Eskimo
Selama musim dingin yang panjang, siang hari sangat pendek di kutub utara, sehingga waktu berburu sangat terbatas. Dahulu, ahli-ahli pahat eskimo menggunakan waktunya untuk memahat kayu, tulang, batu lunak dan taring walrus. Mereka membuat patung hewan, manusia dan khususnya suasana perburuan yang disenangi. Kini museum-museum dan para kolektor mencari pahatan eskimo yang baik.

Anjing Laut

Anjing Laut


Inuit
Orang Eskimo di Greenland dan Amerika Utara disebut Inuit. Di Amerika utara ada sekitar 25.000 orang Inuit. Kebanyakan mereka tinggal dirumah kayu yang perlengkapannya sudah seperti rumah-rumah lainnya di Amerika Utara. sebagian besar mereka bekerja di perusahaan bisnis dan industri. Tinggal Sebagian kecil yang masih hidup berburu. Untuk menangkap anjing laut, orang eskimo membuat lubang di atas perairan yang membeku, lalu menembaknya ketika naik ke permukaan untuk bernafas. Orang eskimo makan daging anjing laut, baik yang mentah maupun yang dimasak. Kereta salju tradisional eskimo ditarik oleh suatu rombongan anjing sejumlah 10-15 ekor dibawah pimpinan seekor anjing. Rombongan ini dapat menempuh jarak 80 km/hari.

No comments:

Post a Comment