Friday 10 June 2016

Eskalator dan Lift



Bekerja, berbelanja dan berjalan-jalan di kota mungkin sulit tanda adanya eskalator dan lift. Orang harus naik turun tangga di gedung pencakar langit, toko besar, rumah susun dan stasiun bawah tanah.

Lift bergerak naik-turun antara lantai-lantai di gedung. Lift membawa manusia dan barang. Eskalator adalah tangga dengan anak-anak tangga yang bergerak naik atau turun. Ada lift dan eskalator yang terletak diluar gedung sehingga pemandangan luas disekitarnya dapat terlihat.

Eskalator
Anak-anak tangga eskalator berhubungan satu sama lain. Anak-anak tangga ini beroda dan bergerak pada rel-rel. Anak-anak tangga bergerak ke salah satu ujung eskalator dan kembali ke ujung lain yang terletak di bawah anak tangga yang membawa orang. Orang menginjak pelat logam saat naik dan turun dari eskalator. Pelat itu bercelah-celah seperti sisir guna menangkap benda yang tertinggal di eskalator. Motor listrik memutar roda gigi besar yang menggerakkan anak tangga. Motor juga menggerakkan pegangan tangan berupa sabuk tidak terputus. Susunan anak tangga membentuk lingkaran yang berputar pada rel. Tiap anak tangga memiliki 2 pasang roda. Roda tersebut bergerak pada 2 pasang rel di kedua sisi eskalator. Rel baja menyangga rantai. Rel-rel putus di tiap ujung eskalator sehingga anak-anak tangga muncul dan siap untuk membawa naik atau turun.

Eskalator

Lift
Kebanyakan lift memakai kabel baja yang kuat sebagai penyangga kabin. Kabin lift naik-turun sepanjang poros rel penuntun.ada lift yang didorong dari bawah ke atas dengan tabung baja panjang. Lift tercepat di dunia bisa naik sekitar 610 meter per menit. Alat pengatur yang disebut regulator mendeteksi gerakan cepat dan menghentikan lift jika mulai jatuh. Kabel-kabel digerakkan oleh motor listrik. Beban pengimbang di ujung lain dari kabel mengimbangkan beban lift. Kabin lift, tombol-tombol mengoperasikan peralatan kontrol otomatis yang menggerakkan lift ke lantai yang dituju. Lift bertingkat memiliki dua kabin, yang satu di atas yang lain, dan berhenti di dua lantai pada saat yang sama. Tiap anak tangga memiliki 2 pasang roda. Roda tersebut bergerak pada 2 pasang rel di kedua sisi eskalator. Pintu kabin lift dan pintu setiap lantai saling terpisah. Pintu-pintu terbuka hanya saat kabin lift berhenti di lantai tertentu. Kabin lift bergerak sepanjang rel penuntun. Rem mencengkeram rel penuntun jika lift mulai jatuh.

Lift

 
Lift
Lift yang aman diciptakan otis, pada tahun1854 Ir. Elisha Otis memperagakan lift ciptaannya. Saat dia berada di lift, dia meminta tali di potong. Sebuah mekanisme pengaman secara otomatis mencengkeram rel lift sehingga lift itu tidak jatuh. Penemuan otis memungkinkan gedung pencakar langit dibangun. Semua lift kini memiliki mekanisme pengaman tersebut.

 
Kereta gantung di Hongkong
Kereta gantung, naik ke lereng gunung dan bukit yang curam bisa dengan kereta gantung dan ski gantung yang ditarik dengan kabel. Kereta gantung di atas terdapat di Hongkong.

No comments:

Post a Comment