Saturday 11 June 2016

Negara Fhilipina


Bendera negara Fhilipina

Fhilipina memiliki lebih dari 7.000 pulau, namun hanya sekitar 800 pulau yang dihuni. Pulau-pulau tersebut terbagi atas tiga kelompok besar yaitu pulau Luzon, Kepulauan Visayan dan Kepulauan Mindanao. Fhilipina ditemukan oleh Ferdinand Mageland, penjelajah dari Portugal yang memimpin ekspedisi Spanyol pada tahun 1521. Bangsa spanyol berhasil mengenalkan agama kristen dan kebudayaan barat kepada penduduk asli negeri, terutama di Pulau Luzon dan Kepulauan Visayan. Namun mereka gagal di Kepulauan Mindanao, wilayah yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Lepas dari jajahan Spanyol selama tiga abad, fhilipina dikuasai Amerika Serikat hingga mencapai kemerdekaan pada tahun 1946.

Manila (metro Manila) adalah kota terbesar dan terpadat di Fhilipina. Ibukota Fhilipina ini terletak di Pulau Luzon. Di kota pusat administrasi, perdagangan, dan industri ini terdapat banyak bangunan bersejarah. Diantaranya benteng santiago (bekas markas tentara Spanyol dan penjara tempat ditahannya pahlawan Fhilipina Dr. Jose Rizal) dan istana Malacanang (kediaman resmi presiden). Di kota ini juga terdapat Katedral Manila dan Gereja Agustin, keduanya adalah gereja tertua di Fhilipina.

Kelompok penduduk terbesar adalah suku Filipino (termasuk rumpun bangsa melayu). Sebagian besar penduduk tinggal di Pulau Luzon dan pulau lainnya di sekitarnya misalnya Pulau Mindoro dan Pulau Marinduque. Di Fhilipina terdapat banyak pegunungan. Beberapa diantaranya adalah gunung api. Gempa bumi dan tsunami adalah bencana alam yang sering melanda negara ini.

People Power, revolusi damai rakyat Fhilipina menentang pemerintahan Marcos di kenal dengan sebutan People Power. Hasilnya Corazon Aquino istri Benigno Aquino jr (tokoh oposisi pemerintahan Marcos yang terbunuh pada 1982) terpilih menjadi presiden menggantikan Marcos. Untuk mengenang peristiwa itu di bangun monumen ini melambangkan kebebasan yang diperoleh ibu pertiwi dan manusia pada umumnya. Patung orang-orang disekitarnya melambangkan dukungan rakyat tehadap people power.

People Power
 Negara kepulauan Fhilipina di kelilingi Laut Cina Selatan (barat), Lautan Pasifik (timur) Laut Sulawesi (Selatan) dan Selat Luzon (utara). Dibagian timur Fhilipina terdapat salah satu palung terdalam didunia sekitar 11.500 meter yaitu palung mindanao.

Pertanian merupakan tumpuan ekonomi Fhilipina. Negara ini memiliki banyak lahan subur yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Hasil pertanian dan perkebunan utama adalah padi, jagung, kelapa, pisang, tebu, nanas dan tembakau. Di Banaue (sebelah utara Pulau Luzon) terdapat sistem persawahan bertingkat yang dibangun oleh imigran melayu (suku Ifugaos) sekitar dua ribu tahun yang lalu.

Statistik negara Fhilipina
·         Luas : 300.000 KM2
·         Penduduk : 77.100.000 Jiwa
·         Ibukota : Fhilipina
·         Bahasa : Fhilipino (Tagalog), Inggris
·         Agama : Katolik Roma, Kristen Dan Islam
·         Mata Uang : Peso
·         Puncak Tertinggi : Gunung Apo ( 2.954 Meter)
·         Sungai Terpanjang : Sungai Cagayan (344 Km)

Bukit Cokelat
Bukit Cokelat adalah hamparan bukit kapur di Pulau Bohol. Disebut demikian karena bukit yang jumlahnya lebih dari seribu ini terlihat bagai butiran cokelat akibat tumbuhan yang menyelimutinya berubah warna menjadi cokelat pada musim kemarau.

Subic
Bersama dengan Clark, Subic dahulu adalah pangkalan militer Amerika Serikat di Fhilipina. Kini subic dikembangkan sebagai pusat industri dan perdagangan yang memegang peranan penting bagi ekonomi Fhilipina.

Davao City
Davao City adalah salah satu kota terbesar di Fhilipina. Letaknya berdekatan dengan Gunung Apo, gunung api tertinggi di Fhilipina.pulau Samal di lepas pantai davao city merupakan tempat wisata yang terkenal dengan pantai pasir putihnya. Di sini terdapat budidaya mutiara yang menghasilkan mutiara berwarna merah jambu, putih dan keemasan.









No comments:

Post a Comment