Saturday 11 June 2016

Festival dan Perayaan



Di seluruh dunia setiap tahun orang meluangkan waktu khusus untuk merayakan festival dan pesta. Umumnya perayaan dikaitkan dengan agama atau kepercayaan masyarakat. Peralihan musim dan peristiwa khusus dalam sejarah suatu bangsa juga disambut dengan festival. Upacara ritual, seperti bernyanyi atau saling berbagi hadiah, sering menjadi bagian dari festival tahunan. Di berbagai masyarakat, kegiatan, gambar dan objek tertentu yang ditampilkan pada saat festival melambangkan makna khusus. Pada imlek misalnya, ikan mas menjadi simbol kekayaan. Terkadang dua budaya yang berbeda menampilkan simbol serupa pada perayaan mereka, orang kristen menyalakan lilin pada hari raya natal, begitu juga orang hindu pada hari raya diwali. Ciri umum pesta adalah busana gemerlap dan makan bersama.

Barongsai Perayaan Imlek
Imlek (tahun baru Cina) jatuh pada akhir Januari atau awal Februari. Cina perantauan memperingati adat-istiadat mereka dengan arak-arakan yang dipandu naga besar. Mereka juga membakar petasan. Maypole, dahulu muda-mudi di Inggris menyambut musim semi dengan menari mengitari maypole, yakni sebatang perdu hawthorn atau pohon mei yang dihiasi bunga dan pita untuk merayakan hari mei.

Karnaval berasal dari negara-negara Katolik Roma, Seperti Meksiko. Karnaval diadakan sebagai acara santap makanan yang dilarang selama masa puasa atau prapaskah. Pada festival mardi gras (selasa berlimpah) di New Orleans (AS), jalanan penuh musik, tarian dan prosesi dengan busana warna-warni.

Perayaan Thankgiving
Thanksgiving, pada musim gugur 1621, sekelompok pemukim Eropa di amerika utara mengadakan syukuran atas panen perdana mereka. Orang Indian di undang karena mengajari mereka membudidayakan tanaman setempat. Kini thanksgiving menjadi hari libur nasional di AS yang dirayakan bulan November. Pada hari itu keluarga berkumpul untuk menyantap kalkun dan kue labu.

Hallowen, penyalaan lilin dalam labu yang berbentuk wajah seram mengusir roh jahat pada hari raya Halloween, 31 oktober

No comments:

Post a Comment