Friday 3 June 2016

Julius Caesar



 
Julius Caesar
Tahun 49 SM seorang panglima dan politikus bernama Julius Caesar menjadi pemimpin Republik Romawi. Sebelumnya, dia membiayai kegitan-kegiatan lomba rakyat di Roma agar dirinya dikenal rakyat. Setelah menjabat di berbagai kantor pemerintah, termasuk sebagai konsul (hakim agung), dia ditugaskan memimpin tentara dan memperluas Republik Romawi, dia menaklukkan Galia (kini Perancis, Belgia dan Swiss) dan menyerbu Inggris dua kali. Senat, sekelompok wakil terpilih yang memerintah Roma, Khawatir dia akan mengangkat dirinya sebagai raja. Karena itu mereka memintanya untuk menyerahkan tentaranya. Tapi, dia justru maju ke Roma. Pompei Agung, menantu Caesar yang memimpin tentara senat, dibunuh tahun 48 SM. Tahun 45 SM Caesar menjadi diktator. Tapi setahun kemudian dia dibunuh secara kejam.

Menurut legenda, ketika Caesar sedang berpikir apakah akan menyeberangi sungai Rubicon atau tidak, seseorang yang besarnya melebihi manusia muncul sambil meniup terompet, membujuk Caesar untuk menyeberangi sungai. Caesar menganggap itu sebagai pertanda dari dewa. Dia lalu memerintahkan pasukannya untuk menyeberangi sungai.

Menyeberangi sungai Rubicon, kemenangan Caesar di Galia membuatnya sangat populer di kalangan orang Romawi. Namun sebagian lainnya merasa takut dan tidak mempercayai. Tahun 49 SM senat memerintahkan untuk menyerahkan tentaranya. Caesar menolak dan malah menyeberang sungai Rubicon untuk menyerbu Italia. Perang saudarapun pecah.

Triumvirat, Caesar ingin menjadi konsul. Karena itu, pada tahun 60 SM dia bergabung dengan pompei dan Crassus, tokoh politik, untuk membentuk kelompok yang terdiri dari dari tiga orang (Triumvirat). Kelompok ini ialah kelompok politik terkuat di Roma. Tiap satuan tentara atau legiun membawa panjinya sendiri, yang berbentuk seperti elang.

Mahkota daun salam, para panglima Romawi yang menang sering memakai rangkaian daun salam di kepala sebagai lambang kekuatannya. Di kemudian hari, para kaisar memakai mahkota emas berbentuk rangkaian daun zaitun sesudah meraih kemenangan besar.

Kematian Caesar, banyak politikus di Roma menganggap Caesar terlalu berkuasa. Sejumlah pendukung pompei, di bawah pimpinan Marcus Brutus dan Gaius Cassius, berencana untuk membunuhnya. Tanggal 15 Maret 44 SM komplotan ini menusuk Caesar hingga tewas di senat. Perang saudarapun pecah. Akhirnya Oktavianus, anak angkat Caesar menjadi pemenangnya. Lahirlah kekaisarn Romawi.

Julius Caesar
 
 
Riwayat Julius Caesar :
100 SM lahir di Roma
65 SM terpilih sebagai pelaksana lomba rakyat
62 SM diangkat sebagai praetor, pegawai hukum
60 SM membentuk triumvirat
 59 SM menjadi konsul
58 SM menyerbu Galia (Perancis sekarang)
55 SM menyerbu Inggris
49 SM perang saudara. Menjadi diktator
48 SM mengalahkan pompei
46 SM mengalahkan pendukung pompei
45 SM dikatator seumur hidup
44 SM dibunuh


No comments:

Post a Comment