Saturday 18 June 2016

gunung tertinggi didunia



Benua bertabrakan satu sama lain, sementara dibawah permukaan bumi bergolak lelehan batuan sangat panas. Kekuatan dahsyat ini menyebabkan tanah terdorong ke atas, hingga terbentuk gunung sampai setinggi 8 km. Ada banyak gunung yang sampai kini pun masih meninggi. Sementara itu, gunung-gunung tua lambat-laun terkikis. Ada gunung biasa, ada pula gunung api. Di bawah lautan juga ada gunung. Bahkan di planet-planet lain juga ada gunung. Bahkan di planet-planet lain juga ada. Gunung tertinggi di tata surya justru terdapat di planet Mars. Tingginya 3 kali Gunung Everest.

Bumi punya 2 rangkaian pegunungan yang sangat panjang. 1) Rangkaian pegunungan Rocky dan Pegunungan Andes di Amerika Utara dan Selatan. 2) Rangkaian Pegunungan Himalaya di Asia, Pegunungan Alpen di Eropa dan pegunungan Atlas di Afrika Utara. Semua tergolong muda karena baru terbentuk 50 juta tahun terakhir. Pegunungan lain seperti pegunungan Ural di Rusia, jauh lebih tua karena mulai terbentuk lebih dari 200 juta tahun.

Gunung Everest
Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest (8.848 m) di perbatasan Cina-Nepal. Orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest adalah Edmund Hillary dari Selandia baru dan Tenzing Norgay dari Nepal pada tahun 1953.

Pendakian Gunung
Pendakian gunung perlu peralatan khusus, seperti tambang dan sepatu berpaku (krampon). Tambang diperlukan untuk berjaga-jaga agar pendaki tidak jatuh, sedang sepatu berpaku diperlukan agar tidak terpeleset. Di puncak gunung, udara begitu dingin sehingga tanaman pun tidak dapat tumbuh. Yang ada hanyalah salju dan batuan. Di bagian yang lebih tinggi lagi, yang dapat tumbuh hanya tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri dengan udara dingin. Diatas kaki gunung tumbuh pohon-pohon sejenis pinus. Kaki gunung ditumbuhi pohon-pohon berdaun lebar dan berbagai jenis tumbuhan lain. 

Longsor

Salju dan es dapat tiba-tiba longsor dari lereng gunung yang curam. Hal ini sering terjadi pada musim semi ketika salju sedang meleleh.

Zona Gunung
Gunung yang sangat tinggi dapat dibagi atas beberapa zona. Tiap zona ditumbuhi tumbuhan yang berbeda. Zona paling bawah tertutup  pepohonan. Diatasnya terdapat zona tumbuhan kecil. Puncaknya berselimutkan salju, tanpa tumbuhan. Zona-zona itu terbentuk karena udara bertambah dingin sering makin tingginya gunung.

Patahan dan lipatan
Ketika benua-benua bergeser, lapisan-lapisan batuan dibawahnya mengalami tekanan. Hal ini menimbulkan retakan yang sangat besar atau patahan. Sebagian batuan terangkat ke atas, sehingga terbentuklah gunung berbentuk balok. Pergeseran itu juga mengakibatkan permukaan bumi tertekuk, sehingga terbentuk gunung lipatan. Jika lelehan granit di perut bumi mendorong batuan diatasnya, terbentuklah gunung kubah.

Gunung terbentuk karena batuan terkikis selama bertahun-tahun. Batuan kemudian retak dan terbelah dipuncak lengkungannya, sehingga terbentuk gunung bergerigi. Tekanan menyebabkan batuan terangkat ke atas. Kalau lipatan batuan mengalami tekanan, terbentuklah lipatan zigzag.

No comments:

Post a Comment