Saturday 18 June 2016

flora dan fauna di gunung




Pegunungan adalah habitat. Beraneka tanaman dan satwa, dari kumbang kecil hingga beruang besar. Lerengnya sering bervegetasi lebat dan kaya akan hewan. Makin tinggi pegunungan, makin tinggi pegunungan, makin rendah suhunya dan makin sedikit flora-faunanya. Mamalia di sini berbulu tebal agar tahan terhadap cuaca dingin. Tempat yang terlalu curam bagi banyak hewan justru menjadi habitat kambing dan kamois yang lincah meloncat di bebatuan. 

Dipuncak gunung, angin bertiup kencang. Disini hanya burung kuat yang mampu terbang misalnya kondor. Dikawasan angin kencang, sayap serangga menghilang dalam proses evolusi karena tidak berguna lagi. Tiada hewan yang bisa hidup dikawasan lebih tinggi, kecuali labah-labah dan serangga tanpa sayap. Ketika kita mendaki gunung, suhu turun 6,5o C tiap kali kita naik 300 m. Di atas ketinggian 2.400 m tumbuh belukar kecil. Batangnya terpilin karena dipuntir angin bercampur es. Ditempat lebih tinggi hanya lumut yang tumbuh. Dipuncak salju abadi tiada hewan yang mampu bertahan.

Flora di pegunungan
·        
Elang Bangkai Lamer
Merupakan salah satu burung pemakan bangkai terbesar. Rentang sayapnya sekitar 2 ½ - 3 m. Ia terbang melintasi puncak-puncak pegunungan tinggi di Afrika, Asia dan Eropa. Burung pemangsa ini terutama hidup dari bangkai hewan.

·         Kamois
Telapak kaki kamois elastis, sehingga mudah mencengkeram permukaan batu. Ia meloncat dengan lincah di bebatuan untuk mencari rumput, terna dan bunga. Kamois betina beserta anak-anak hidup dalam koloni (sekitar 30 ekor). Jantan hidup soliter kecuali pada musim kawin.

·         Beruang Kaca Mata
Satu-satunya beruang di Amerika Selatan adalah beruang kaca mata. Ia dinamai demikian karena bulatan putih di sekeliling matanya. Ia hidup di hutan hangat dan lembab pegunungan Andes pada ketinggian 3.500 m. Ia makan aneka makanan seperti daun, buah, serangga, telur, rusa kecil dan mamalia lain.

·         Kambing Gunung
Kambing gunung Amerika Utara adalah kerabat kamois eropa. Tubuhnya berbulu lebat dan kekar. Bobotnya bisa mencapai tiga kali lipat dari bobot kamois. Ia bergerak perlahan dan hati-hati melewati salju tebal.

·         Hiraks Batu
Hiraks kecil Afrika yang berbulu lebat dan bersosok kekar adalah kerabat terdekat gajah, hewan darat terbesar. Habitat hiraks batu di Afrika adalah tempat berbatu-batu pada ketinggian hingga 4.000 di gunung Kenya.

Fauna di pegunungan
Di daerah pegunungan tinggi tanpa pepohonan, bunga-bunga alpen bersemi selama musim panas yang singkat. Kata alpen sendiri berarti diatas batas pepohonan. Pada banyak bunga alpen, daun tumbuh rendah dan rata dengan tanah sehingga terlindung dari angin dingin. Bunga ini diserbuki lalat, kupu-kupu dan serangga lain yang telah melewati musim dingin dalam bentuk telur atau hewan dewasa dibawah salju.

Gentian terompet dinamai demikian karena kelopak bunganya dalam seperti terompet. Bunga ini tumbuh di tempat berbatu-batu dan berkabut serta berumput pendek pada ketinggian 3.000 m di pegunungan Alpen, Pyrenia dan Apenina di Eropa.

No comments:

Post a Comment