Sunday 12 June 2016

Gas bumi



Membakar gas adalah cara cepat dan mudah memperoleh panas untuk memasak dan menghangatkan rumah. Gas juga dipakai di industri sebagai tenaga panas dan bahan baku. Umumnya gas yang dipakai adalah gas bumi. Gas didapat dari endapan di bawah tanah atau di bawah dasar laut. Gas untuk bahan bakar dapat dibuat dengan mengolah batubara menjadi gas batubara.  Selain bahan bakar gas, ada banyak jenis gas dengan kegunaan masing-masing. Udara adalah campuran berbagai jenis gas.

Pembentukan gas bumi
Gas bumi yang kini kita pakai berusia jutaan tahun, terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan darat dan laut di masa prasejarah. Kini pun endapan gas baru masih terus terbentuk.
1.       Di laut, tumbuhan kecil terbenam dan membentuk lapisan jasad tumbuhan di dasar laut. Tumbuhan laut itu terkubur dalam lumpur.
2.      Juga di darat, jasad tumbuhan terkubur dalam lumpur. Secara perlahan lumpur mengeras menjadi batuan. Lapisan batuan yang terbentuk semakin banyak hingga menekan jasad tumbuhan lebih dalam dan memanaskannya.
3.      Tekanan dan pemanasan lambat laun mengubah tumbuhan laut menjadi minyak, lalu gas. Tumbuhan darat mula-mula menjadi batubara lalu minyak dan gas. Lapisan batuan memendam gas dalam endapan. Pergerakan bumi mungkin mengangkat batuan mengandung gas ke atas permukaan laut sehingga gas itu kini ada dibawah tanah.
4.      Gas dari sumur dibawah laut disalurkan dahulu ke anjungan produksi, kemudian melalui pipa dialirkan ke pangkalan di darat. Sedang gas dari sumur di daratan dialirkan langsung ke pangkalan.
5.      Gas mentah harus dibersihkan sebelum digunakan. Pangkalan gas berfungsi untuk membuang kotoran dan air.
6.      Gas dialirkan dari pangkalan ke tangki besar guna dibekukan dan disimpan sebagai zat cair. Gas pun bisa disimpan dilubang tanah. Gas dipompa ke pipa-pipa menuju tempat yang memerlukan.

Penyaluran gas
Gas bumi disalurkan ke rumah untuk memasak dan pemanasan. Gas dalam tabung logam dipakai untuk rumah yang tidak tersambung saluran pipa gas.

Gas-gas yang berguna
Endapan gas mengandung beberapa jenis gas. Metana merupakan komponen yang utama. Gas lain adalah propana dan butana. Pangkalan gas meyimpan gas-gas itu ditabung logam untuk keperluan rumah yang tidak punya saluran pipa gas. Endapan gas juga merupakan sumber gas helium. Balon di isi helium karena helium sangat ringan dan sulit terbakar. Sumber gas lain yang berguna adalah udara. Gas karbon dioksida, yang menimbulkan gelembung pada jenis minuman berbuih, berasal dari udara. Udara juga mengandung sedikit gas neon. Ada lampu reklame yang dibuat dari tabung gelas berisi gas neon. Gas itu berpijar ketika di aliri listrik.

No comments:

Post a Comment