Sunday 12 June 2016

Fosil



Tumbuhan dan hewan pertama, awal kehidupan manusia serta hal ihwal prasejarah dapat diketahui dari fosil. Fosil adalah sisa jasad hewan dan tumbuhan yang berusia ribuan atau jutaan tahun. Fosil bisa berupa gigi dinosaurus atau helai daun yang tertanam dalam batuan. Dengan mempelajari fosil, bentuk dan cara hidup hewan yang hidup di air. Kalau tumbuhan dan hewan mati, bagian lunak membusuk, sedangkan bagian keras seperti tulang atau kerangka daun, tidak. Lapisan lumpur menebal dan memberi tekanan besar terhadap sisa tumbuhan atau hewan. Lama-kelamaan lumpur, tulang dan jasad lain membantu dibawah tanah. Setelah ribuan tahun, gerakan bumi dan pergeseran batuan mengangkat fosil ke arah permukaan. Kemudian matahari, hujan dan angin mengikis batuan hingga fosil tampak.

Jenis fosil
Jasad hewan atau tumbuhan yang mati berubah menjadi mineral yang membatu, sehingga terbentuklah fosil mineral. Terkadang jasad tersebut membusuk dan meninggalkan rongga dalam batuan. Fosil seperti ini disebut fosil cetakan. Jika lubang terisi dengan mineral batuan, maka fosilnya disebut fosil bentukan. Tanda-tanda yang membatu, seperti jejak, kotoran, dan bekas jalan hewan disebut fosil jejak.

Ichthyosaurus
Fosil dinosaurus
Terkadang kulit hewan sama awetnya dengan tulang. Hal ini berlaku bagi Ichthyosaurus yang tampak di atas. Hewan ini adalah sejenis retilia laut yang berusia 150 juta tahun. Ia tampak seperti lumba-lumba dan mungkin memliki cara hidup sama pula. Pada kerangka fosil tersebut ada sirip punggung dan ekor dengan dua cuping. Lusinan gigi tajam pada rahang panjang menunjukkan bahwa ia memangsa ikan dan hewan lainnya.

Ammonit
Fosil yang paling sering dijumpai adalah cangkang ammonit, hewan laut kerabat cumi-cumi dan gurita. Hewan ini pernah tersebar luas sekitar 250 juta tahun silam. Ammonit terkecil kurang dari 2 cm, sedangkan yang terbesar 2,5 m. Ammonit punah bersama dinosaurus sekitar 65 juta tahun silam. Mengoleksi fosil adalah hobi yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Fosil ada di batuan, pantai dan galian. Kata fosil berarti menggali orang yang meneliti fosil disebut paleontolog.

No comments:

Post a Comment