Sunday 12 June 2016

Ilmu Fisika adalah


Ilmu fisika dulu disebut filsafat alam, yang berarti pemikiran dan penelitian tentang alam. Para ahli fisika mencoba untuk memahami alam semesta, mulai dari galaksi terbesar dan terjauh sampai ke partikel terkecil yang tidak terlihat. Mereka berusaha menjawab soal-soal mendasar, seperti apa yang membuat kita tidak lepas dari bumi, apa itu waktu dan apa yang ada didalam atom.

Ahli fisika bekerja dengan menggabungkan teori dan percobaan. Mereka melakukan percobaan, lalu menyimpulkan teori. Mereka lantas mengadakan percobaan lagi untuk membuktikan kebenaran teori itu demikianlah muncul teori-teori tentang alam. Ada teori yang sudah begitu bagus, hingga dapat disebut sebagai hukum alam. Salah satunya adalah hukum yang menyatakan bahwa tiada yang lebih cepat daripada cahaya. Albert Einstein (1879-1955) mengajukan teori ini pada tahun 1905 sebagai bagian dari teori relavitasnya yang revolusioner.

Statika
Statika adalah cabang fisika yang membuat perhitungan tentang kekuatan yang menopang bangunan besar, seperti gedung dan jembatan. Mekanika adalah ilmu tentang gaya dan gerak, ilmu ini merupakan cabang fisika. Listrik, salah satu bentuk energi yang paling berguna adalah listrik. Para ahli fisika mempelajari sifat listrik dan menemukan cara untuk menggunakannya pada alat-alat listrik, mikrocip dan komputer. Magnet, para ahli fisika mempelajari magnet dan gaya-gaya yang ditimbulkannya termasuk juga gaya magnet bumi. Gaya ini berasal dari pergerakan inti logam cair di pusat bumi. 

Mekanika kuantum, para ahli fisika menemukan bahwa energi hanya dapat beada dalam paket kecil yang disebut kuantum. Ide ini sangat penting dalam penelitian tentang atom dan telah melahirkan sesuatu cabang fisika yang disebut mekanika kuantum. Elektromagnetik, para ahli telah menemukan sejumlah gelombang yang disebut gelombang elektromagnetik, diantaranya cahaya panas, sinar X dan gelombang radio. Ilmu fisika tentang gelombang disebut elektromagnetik.
 
Fisika molekul, para ahli fisika menggunakan ide tentang molekul untuk menerangkan sifat benda padat, cair, dan gas. Cabang fisika ini disebut fisika molekul. Akustika, para ahli fisika mempelajari sifat suara san caranya merambat. Mereka juga menggunakan suara untuk menyelidiki kedalaman bumi dan samudera. Ilmu mengenai suara disebut akustika. Geofisika, bagian dalam bumi tidak dapat terlihat. Namun, para ahli fisika telah mengembangkan cara untuk mengetahui struktur bumi. Mereka menemukan bahwa suhu sangat tinggi dan tekanan sangat besar pada pusat bumi. Geofisika adalah cabang fisika yang mempelajari sifat alami bumi dan gejalanya. Fisika nuklir, para ahli fisika terus menerus berusaha untuk makan memahami partikel yang membentuk nukleus (pusat) sebuah atom. Cabang fisika ini disebut fisika nuklir. Astrofisika, ahli astronomi menggunakan fisika untuk mengetahui asal mula serta bagian dalam matahari dan bintang. Cabang fisika ini disebut astrofisika.

Cabang fisika
Fisika merupakan ilmu pengetahuan tentang energi dan zat (unsur pembentuk semua benda). Ada beberapa cabang ilmu fisika, yang meliputi berbagai subyek dari atom sampai ruang angkasa. Optika dan termodinamika, panas dancahaya merupakan bentuk utama dari energi. Matahari mengeluarkan panas dan cahaya, sehingga ada kehidupan di bumi. Cabang fisika mengenai cahaya di sebut optika, sedang cabang fisika tentang panas disebut termodinamika.

Peristiwa penting
200 SM Archimides menjelaskan gaya apung dan cara kerja mesin tuas.
1687 Isaac Newton, ahli fisika Inggris, mengemukakan hukum gerak dan gravitasi.
1900 Max Planck, ahli fisika jerman memperkenalkan teori kuantum
1905  Albert Einstein, ahli fisika Jerman mengumumkan teori relavitasnya.
1938 ahli fisika Jerman, Fritz Strassman dan Otto Hahn, membelah atom.

Stephen Hawking

Stephen Hawking (1942), ahli fisika Inggris, mengembangkan teori-teori baru tentang sifat zat, lubang hitam diangkasa dan asal mula alam semesta. Teori-teori ini membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam ilmu fisika.


No comments:

Post a Comment