Tuesday 7 June 2016

Desain



Benda-benda di sekitar kita di bentuk untuk dapat berfungsi sebaik mungkin. Desainer menetapkan bentuk yang paling sesuai bagi suatu benda. Desain yang baik berarti memenuhi segala fungsinya. Jika sebuah kursi kuat dan nyaman, itu berarti kursinya di desain dengan baik. Jika penampilannya juga menarik, murah dan tahan api, maka desainnya lebih baik lagi. 

Desainer harus memahami mutu bahan yang digunakan dan memikirkan keselamatan dan kenyamanan. Komputer kian berguna untuk mengatasi masalah desain pesawat dan mobil. Komputer bisa digunakan untuk membuat gambar teknis yang rumit dan membangun model 3 dimensi dengan cepat. Desainer menggunakan komputer untuk membuat bentuk pesawat terbang atau mobil. Melalui alat itu, ia dapat menerbangkan atau mengemudikan kendaraan itu. Desainer grafis menggunakan teks dan warna mempengaruhi kita melalui iklan dan media cetak lain. Sebenarnya, desainer mempengaruhi setiap aspek dari hidup kita.

Desain mode, desain pakaian sangat cepat berubah. Setiap tahun para desainer menghasilkan pakaian baru yang menarik perhatian masyarakat pecinta mode. Mereka memakai bahan pakaian yang mudah dirawat dan dapat melindungi pemakainya dari cuaca buruk. Sebagian pakaian di desain khusus untuk pendaki gunung, pelaut dan orang yang bekerja di ruang terbuka. Sebagian lagi di desain supaya nyaman dan tahan lama. Tapi banyak pakaian didesain hanya agar tampak berwarna-warni, menarik atau mewah.

Perkembangan kursi, desain berkembang sesuai dengan perubahan selera dan persediaan bahan. Kebanyakan mebel di abad ke 19 penuh dengan hiasan, kecuali yang didesain sederhana oleh penganut sekte Shaker. Sekte Shaker berpendapat bahwa desain kursi yang sederhana tidak boros. Pada tahun 1850 kursi Thonet menggunakan potongan kayu dengan cara baru yang dapat menghemat biaya. Bentuk kursi Bauhaus diutamakan untuk menahan berat orang yang mendudukinya. Melihat cara duduk orang, dibuatlah kursi dengan penyangga lutut. Saat ini, para desainer kembali membuat kursi dengan hiasan seperti kursi Memphis. Kebanyakan mebel pada abad ke 19 sangat dekoratif. 

Desain kamar tidur, para desainer sudah memastikan bahwa kebanyakan benda di kamar tidur ini nyaman, aman dan mudah digunakan. Dikamar tidur bisa jadi ada tempat tidur susun yang hemat ruang, karpet dinding yang bisa di cuci, karpet lantai yang anti api, seprei yang mudah dirapikan, lampu yang aman, rak yang bisa disesuaikan serta mainan tidak beracun dan bisa dicuci.

No comments:

Post a Comment