Friday 3 June 2016

Bus



Kata “bus” berasal dari kata latin omnibus yang artinya untuk semua. Ini merupakan gambaran yang tepat untuk bus. Bus merupakan jenis angkutan umum pertama dan tetap paling murah ongkosnya. Bus  pertama muncul pada awal abad ke 19. Ketika itu di kota-kota berkembang dengan pesat selama revolusi industri. Para pekerja harus berjalan jauh ke tempat kerja mereka. Sebelumnya, hanya orang-orang yang memiliki kuda dan kereta yang dapat berjalan jauh. Saat ini bus terdapat di seluruh dunia. Di banyak kota besar, bus-bus biasanya berjalan secara teratur dengan jaringan rute yang terorganisasi dan mengangkut orang-orang pada halte bus. Di daerah terpencil, bus mungkin saja hanya sebuah truk yang lewat sesekali dan berhenti dimana saja ada penumpang.
BUS

Bus kota yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, ada pula bus bertingkat dua. Sebab disana jalan-jalan sangat padat dan banyak penumpang.
Bus luar kota ada bus yang badannya panjang, sehingga bisa memuat penumpang dan barang. Beberapa bus luar koa dirancang menjadi bus gandeng, seperti bus dari irak supaya bisa melewati tikungan tajam di pegunungan.

Bus sekolah, banyak anak naik nus pertama kali dengan menggunakan bus sekolah. Bus membawa mereka ke sekolah dan mengantarkan mereka pulang dengan aman. Dibandingkan dengan kendaraan jalan raya lainnya, bus mempunyai catatan keselamatan yang sangat baik.

Bus desa, di negara-negara yang kurang maju industrinya, ada kalanya tidak terdapat rel kereta dan kebanyakan penduduknya tidak memiliki mobil. Karena itu, bus merupakan satu-satunya sarana untuk bepergian. Jalan-jalan penuh debu sementara bus dipadati oleh penumpang dan barang-barangnya, termasuk pula ayam, anjing dan hewan lainnya.

BUS Bertingkat
Bus di negara-negara kaya, bus semakin canggih. Banyak bus kota memiliki mesin tiket elektronik dan pintu-pintu yang buka-tutup secara otomatis. Beberapa bus memiliki komputer untuk menuntun bus sepanjang rute. Di negara-negara miskin, penumpang berdesak-desakan dalam deretan gerbong-gerbong dan truk yang semuanya berfungsi seperti buss. Bus antar kota, sebagian bus jarak jauh mempunyai tempat duduk yang nyaman, toilet dan video. Di beberapa kota seperti amsterdam (Belanda), kamu dapat naik trem atau bus listrik sebagai pengganti bus. Trem meluncur sepanjang rel yang berada di jalan raya. Trem digerakkan oleh tenaga listrik yang diambil dari kabel di atas trem melalui tangkai pada atap trem. Bus listrik juga menggunakan listrik, tetapi berjalan di atas roda biasa.

Sumber : Ensiklopedi Populer Anak Jilid 2

No comments:

Post a Comment