Friday 3 June 2016

Burung unta dan emu



Ada aneka jenis burung yang tidak bisa terbang, antara lain burung unta dan emu. Umumnya burung ini besar. Burung unta dengan tinggi lebih dari 2,5 m adalah burung terbesar di dunia. Ia hidup di padang rumput kering di afrika. Bulunya lembut dan merunduk karena tidak diperlukan untuk terbang. Ukuran telurnya terbesar di antara telur-telur burung lain. Cangkang telurnya setebal 1 cm dan sangat keras. Burung unta dan emu adalah pelari gesit di darat. Telur burung unta berukuran 20 cm dan 30 kali lebih berat dari telur ayam. Dengan demikian, telur burung unta merupakan telur burung terbesar di muka bumi.

Emu dapat juga berenang dengan baik. Bagi petani Australia, emu menjadi hama karena menginjak-nginjak lahan gandum mereka. Burung lain yang tidak bisa terbang adalah kasuari, yang mendiami hutan lebat Australasia (Australia-Asia), dan kiwi yang hanya ada di Selandia Baru. Kiwi bersayap kecil, namun tidak berfungsi. Tingginya sekitar 30 cm. 
Burung Emu dari Australia


Rhea adalah pelari tangkas dan juga tidak dapat terbang, hidup dipadang rumput Brazil dan Argentina, Amerika Selatan. Rhea hidup berkelompok selama musim dingin. Burung unta jantan membentangkan sayapnya guna mempertahankan anak-anaknya dari pemangsa. Anak induk dan jantan burung unta sama-sama menjaga anak. Yang menjaga telur hingga menetas adalah burung unta jantan. Sebulan setelah menetas, anak burung unta sudah bisa berlari cepat dan mencari makan sendiri. Burung unta dewasa bertungkai besar, kukuh, kuat dan lentur untuk berlari cepat. Anak burung unta yang baru menetas memiliki bercak-bercak pada lehernya.

Burung Rhea

Burung unta adalah burung tercepat di darat, burung unta bisa berlari lebih cepat dari burung lain dan bahkan lebih cepat dari kebanyakan hewan. Ia dapat berlari dengan kecepatan 50 km/jam selama beberapa menit dan dengan hentakan-hentakan singkat dapat melaju hingga kecepatan 70 km/jam.

Burung Unta

Emu dari Australia bisa tumbuh hingga 2 meter dan merupakan burung terbesar kedua di muka bumi. Emu memakan biji-bijian, dedaunan, buah, pucuk tanaman, dan serangga. Yang betina mengerami lebih dari 15 butir telur berwarna hijau dalam sarang dangkal di tanah. Anak yang baru menetas berbelang dan tinggal bersama orangtuanya selama 18 bulan.

Kasuari ada tiga jenis yang berasal dari Australia. Burung ini menjelajahi hutan lebat dan gelap untuk mencari buah-buahan dan biji-bijian. Kasuari betina umumnya bertelur sebanyak 5 butir dalam sarang dangkal dari dedaunan. Telurnya berwarna hijau muda. Yang jantan mengerami telur dan mendampingi anak-anaknya hingga berusia setahun.
Rhea jantan membuat sarang dangkal berbentuk ceruk yang bisa menampung lebih dari 60 butir telur. Rhea darwin ini bisa mencapai ketinggian sekitar 1 meter.

Burung Kasuari


 Sumber : Ensiklopedi Populer Anak Jilid 2

No comments:

Post a Comment