Friday 3 June 2016

Burung Pekicau



Burung umumnya dapat bersuara. Kicau dan siulannya ada yang nyaring dan rumit. Suara itu merdu sehingga mereka disebut Burung Pekicau. Ada sekitar 4 .000 jenis burung pekicau. Mereka disebut juga burung tenggeran, karena biasanya bertengger di ranting pohon untuk berkicau. Mereka umumnya kecil, berwarna pudar dan hidup tersembunyi di pohon. Di hutan yang gelap, kicau nyaring lebih berguna untuk berkomunikasi daripada warna bulu yang cerah. Suara yang jantan lebih merdu. Ia berkicau untuk memberitahukan wilayahnya kepada burung lain dan untuk memikat yang betina. Tiap burung pekicau memiliki gaya kicau sendiri. Kicau berbeda dari satu tempat ketempat lain seperti ucapan kata yang sama oleh orang-orang yang berbeda. Diantara burung pekicau yang terkenal ada burung murai penceloteh dari afrika, burung prenjak dari Eropa dan Asia serta burung kancilan dan burung lonceng dari Australia-Asia.

Burung Murai

Paduan suara senja
Seiring dengan matahari terbit, burung mengakhiri istirahat malamnya dan memulai kegiatan. Banyak burung berkicau dengan nyaring pagi dan sore hari. Kicaunya memberitahukan bahwa ia telah melewati malam dan tetap menguasai wilayahnya.

Burung celoteh malam
Suara burung ceoteh malam sering disebut sebagai kicau paling merdu dari segalanya. Ia menjadi sumber inspirasi penyair dan musisi. Burung ini berkicau pada siang dan malam hari, tapi kicaunya lebih menarik perhatian pada malam hari.


Burung murai
Selama musim semi, saat burung murai membangun sarang serta membesarkan anaknya. Kicau murai jantan yang merdu dan sendu merupakan isyarat bagi para pengacau agar menjauhi wilayahnya. Suara nyaring tik-tik-tik dari burung murai adalah isyarat bagi burung lain akan adanya bahaya kucing atau elang.
 
Burung Murai Batu

Burung prenjak kuning
Di amerika utara dan tengah, burung prenjak kunig dapat dijumpai di taman-taman dari kebun buah. Kicaunya sering kali diawali dengan tiga atau empat kali suara wiit dan berakhir dengan hentakan nada-nada tinggi dan rendah. Burung prenjak kuning memakan ulat, ngengat, kumbang dan labah-labah.

Kicau burung
Ada berbagai cara menggambarkan kicau burung dalam bentuk kata dan simbol. Pita rekaman membantu manusia untuk mempelajari cara identifikasi burung melalui kicaunya yang khas. Burung prenjak sardinia kicaunya nyaring dan cepat, burung celoteh malam kicaunya lembut dan mengalun.

Sumber : Ensiklopedi Populer Anak Jilid 2
 

No comments:

Post a Comment