Thursday 2 June 2016

Burung Laut



Semua jenis burung yang hidup dekat laut dapat terbang melayang di atas ombak, mencari makanan di pantai atau menyelam untuk mencari ikan. Kelompok burung yang hidup dekat laut hampir semua bertungkai selaput renang, berbulu kedap air, dan berparuh tajam untuk menjepit ikan yang licin. Kelompok burung laut meliputi burung berparuh silet dan guilemot yang bersayap kecil untuk berenang. Burung laut lain seperti albatros dan petrel, bersayap lebar dan ramping untuk terbang tinggi. Camar dan skua memakan bangkai, telur, dan anak burung laut lain. Skua besar menyerang burung lain selagi terbang agar menjatuhkan makanannya, yang lalu disambarnya. Dari ketinggian 30 meter ganet dan angsa batu bisa menukik untuk menyambar ikan. Penguin tidak dapat terbang, tetapi bisa berenang dengan menggunakan sayapnya untuk memburu ikan di samudera di selatan kharulistiwa. Sayap albatros yang panjang dan langsing merupakan bentuk yang sangat sesuai untuk terbang melayang di atas angin. 

Burung Laut

Albatros
Ada 14 jenis albatros, umumnya hidup di selatan khatulistiwa. Bentang sayapnya lebih dari 3 meter, terpanjang di antara burung lainnya. Ia bisa melayang berjam-jam di atas lautan tanpa mengepakkan sayap sambil menyambar ikan.

Camar
Camar sangat agresif dan berisik. Burung ini ada Di Eropa, Amerika Utara, Afrika Selatan dan Asia. Koloninya sering terbang mengikuti kapal nelayan untuk mencari sisa-sisa ikan, berkerumun di tempat pembuangan sampah, dan mengikuti petani yang sedang membajak untuk mencari cacing, serangga, dan mamalia kecil.

Ganet
Burung ganet mengumpulkan rerumputan, untuk membuat sarang, lalu kembali ke koloni perkembangbiakannya di puncak karang. Kadang-kadang lebih dari 50.000 ekor ganet bersarang di tempat yang sama.

Betet laut
Dengan paruhnya yang besar dan berwarna cerah, betet laut atlantik menjepit lusinan belut pasir atau ikan kecil. Jika paruhnya penuh, ia terbang ke sarangnya untuk memberi makan  anak-anaknya.

Koloni perkembangbiakan
Burung laut membesarkan anak di puncak karang terjal dan pulau kecil agar dekat ke laut, tempat mencari makan. Di lereng karang terjal anaknya aman dari pemangsa. Suara koloni burung laut memekakkan telinga. Ditempat yang sama, sarang camar tiga jari, burung pecuk dan guilemot berdampingan, meski tiap sarang cukup jauh dari ancaman paruh burung lainnya. Pecuk, camar tiga jari, dan guilemot berbagi puncak karang yang sama sebagai tempat bersarang. Sarang camar tiga jari terbuat dari serpihan ganggang laut dan tumbuhan lain yang tercampur dengan kotorannya. Telur guilemot berujung runcing, telur guilemot tidak membuat sarang. Salah satu ujung telurnya runcing. Jika mengelinding, telur itu hanya berputar-putar melingkar dan tidak jatuh.


Sumber : Ensiklopedi Populer Anak Jilid 2 






No comments:

Post a Comment