Wednesday 1 June 2016

Bunga yang berasal dari Indonesia



Indonesia memiliki flora yang sangat beragam dan perlu dilestarikan. Bertepatan dengan hari lingkungan hidup tahun 1990, pemerintah menetapkan tiga bunga Indonesia sebagai bunga nasional yaitu melati (Jasminum Sambac) sebagai Puspa Bangsa, anggrek bulan (Phalaenopsis Amabilis) sebagai Puspa Pesona dan padma raksasa (Rafflesia Arnoldii) sebagai Puspa Langka. 

·         Puspa bangsa
Melati adalah tumbuhan perdu yang memiliki bunga berwarna putih dan harum. Tumbuhan ini berbagai sepanjang tahun. Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun. Cabangnya bisa mencapai 3 meter. Daunnya bertangkai pendek dan berbentuk elips dengan permukaan mengkilat. Meskipun melati bukan tumbuhan Indonesia, bunga ini memiliki nilai budaya yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Melati umumnya digunakan dalam acara pernikahan dan upacara agama. Minyak asiri melati dimanfaatkan sebagai bahan parfum.



·         Puspa Pesona
Anggrek bulan memang memiliki pesona tersendiri. Kuntum bunganya berwarna putih bersih dan berukuran besar. Hampir diseluruh Indonesia bunga ini tenar sejak puluhan tahun lalu. Hal ini membuat anggrek bulan terpilih sebagai Puspa Pesona.



·         Puspa Langka
Selain langka, Rafflesia Arnoldii juga cantik dan berukuran besar. Saat mekar sempurna, diameternya bisa mencapai 1 meter. Kelima kelopaknya berwarna merah bercampur orange tua berbercak coklat. Uniknya, bunga ini mengeluarkan bau bangkai. Karena itu, bunga ini disebut juga bunga bangkai. Bau busuk ini menarik perhatian serangga untuk mendekatinya dan membantu penyerbukan. Bunga ini tergolong sebagai parasit sejati (holoparasit) yang tidak berbatang, berakar, maupun berdaun.


Bunga soka adalah tanaman perdu bertajuk besar dan bercabang banyak. Tanaman ini tersebar luas dari India, semenanjung Malaka, sampai ke Indonesia. Di Indonesia, soka banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Penduduk India memanfaatkan bunga dan akarnya untuk mengobati penyakit disentri.

Kembang sepatu adalah tumbuhan perdu yang memiliki bunga berwarna putih dan harum. Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun. Cabangnya bisa mencapai 3 meter. Daunnya bertangkai pendek dan berbentuk elips dengan permukaan mengkilat. Meskipun melati bukan tumbuhan asli Indonesia, bunga ini memiliki nilai budaya yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Melati umumnya digunakan dalam acara pernikahan dan upacara agama. Minyak asiri melati dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum. Kembang sepatu adalah tanaman hias yang terkenal dengan variasi daun dan warna-warni bunganya. Bunganya berbentuk lonceng dengan tangkai sari panjang yang bersatu, kecuali dekat ujungnya. Selain sebagai tanaman hias, seluruh bagian tanaman ini (akar, daun dan bunganya) bermanfaat sebagai bahan obat tradisional.

TAMAN BUNGA NUSANTARA
Keberadaan sebuah taman bunga sangat penting. Selain sebagai tempat rekreasi, taman juga berfungsi sebagai sarana melestarikan kekayaan alam yang kita miliki. Di Taman Bunga Nusantara, cipanas jawa barat, kita dapat melihat sekitar 500 varietas bunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia. Di hamparan taman seluas 35 ha ini terdapat taman-taman khusus, seperti Taman Mawar, Taman Jepang, Taman Gaya Bali, Taman Gaya Amerika, Taman Gaya Perancis, Taman Gaya Mediterania, Taman Bougenvile, Rumah Kaca Belanda, Taman Gaya Italia dan Taman Bayangan. Masing-masing taman memiliki desain dan bunga yang khas. 

·         Anggrek
Tanaman Anggrek disenangi orang karena keindahan bunganya. Para ahli memperkirakan terdapat lebih dari 40.000 lebih jenis anggrek, namun baru sekitar separuhnya yang telah dikenal. Walaupun anggrek dapat tumbuh dihampir seluruh dunia, anggrek lebih menyukai daerah panas dan lembab. Karena itu, Indonesia yang wilayahnya berada di daerah tropis memiliki ribuan jenis anggrek. Anggrek si kupu merah banyak dibudidayakan di Indonesia, Singapura dan Thailand.

·         Kencur
Kencur dikenal dari aroma rimpangnya yang khas. Terna ini tidak berbatang, tetapi berimpang dengan banyak cabang. Rimpangnya dimanfaatkan sebagai rempah dan obat tradisional, misalnya dalam bentuk minuman beras kencur. Daunnya yang masih muda sering di jadikan lalapan dan daun yang tua dijadikan obat batuk atau reumatik.

·         Kunyit
Terna ini banyak tumbuh di Indonesia dan sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Umbinya yang berwarna kuning kemerahan banyak dipakai sebagai penyedap masakan (rempah) dan ramuan obat tradisional (jamu).

·         Wijayakusuma
Bunga wijayakusuma berwarna putih dan berbau harum. Keunikannya, bunga ini selalu mekar pada tengah. Pada sebagian masyarakat, bunga ini di anggap bisa membawa keberuntungan. Karenanya bunga ini ditanam dan saat-saat mekarnya di tunggu-tunggu.


TANAMAN MINYAK
Selain tanaman hias, beberapa tanaman bunga dan terna dapat menghasilkan sejenis minyak. Minyak ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan parfum misalnya minyak dari bunga mawar, sedap malam dan kenanga. Ada juga minyak dari bunga dan terna yang dapat digunakan sebagai minyak obat ( misalnya dari serai dan cengkeh) serta minyak goreng, contohnya minyak dari bunga matahari, masing-masing jenis minyak tersebut memiliki aroma harum yang khas.
Berbagai tanaman yang bisa menghasilkan aroma harum diantaranya :
·         Serai
·         Melati
·         Kayu manis
·         Mawar putih
·         Kenanga
·         Cengkeh
·         Kapulaga
·         Mawar merah
·         Sedap malam
·         Jahe

No comments:

Post a Comment