Wednesday 1 June 2016

Bagian-bagian bunga dan terna



Keindahana, warna serta wangi bunga telah berabad-abad menjadi sumber ilham bagi para seniman. Dari semua makhluk hidup, warna bungalah yang paling cerah. Misalnya, bunga marigold yang tumbuh di gurun, bunga tumbuhan opium yang tahan cuaca dingin di kawasan salju kutub utara, anggrek tropis, dan mawar kultivar serta bunga-bunga kecil yang kurang dikenal. Tanpa ribuan macam bunga dan terna, lebah tidak dapat menghasilkan madu, kupu-kupu dan burung kolibri tidak punya sumber makanan, manusia tidak punya taman bunga, dan parfum tidak memiliki wewangian. Kata bunga umumnya mengacu pada tumbuhan yang berbunga indah dan berwarna-warni. Tetapi untuk seorang botanikus (ahli tumbuhan), kata bunga mengacu pada bagian reproduksi tumbuhan, yaitu bunga kuncup atau bunga mekar. Adapun kata terna adalah nama sehari-hari untuk tumbuhan kecil yang warna bunganya kurang bervariasi, tetapi aroma dan rasanya enak.

Terna
Tumbuhan terna biasanya berwarna hijau dan berbatang lunak, tidak seperti pohon dan semak yang berkayu dan berbatang keras. Beberapa terna dan tumbuhan bunga adalah tumbuhan tahunan, karena tumbuh, berbunga, menghasilkan benih, dan mati hanya dalam waktu setahun. Adapula yang dikenal sebagai tumbuhan 2 tahunan, sebab punya siklus selama 2 tahun. Tapi ada terna dan tumbuhan berbunga yang disebut tumbuhan abadi karena dapat hidup bertahun-tahun.

Perkebunan terna
Dulu memelihara terna adalah hal penting bagi kehidupan, sebab terna banyak manfaatnya. Terna dapat digunakan sebagai bumbu masakan, pewangi ruangan, penenang pikiran dan obat aneka penyakit. Banyak obat-obatan gangguan pencernaan. Minyak terna juga dikenal sebagai minyak asiri ( yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia). Sari minyak ini diambila dari terna dan digunakan untuk produksi parfum dan minyak mandi.

Struktur bunga
Kelopak bunga (sepal) biasanya berwarna hijau, bersisik, dan melindungi bunga ketika masih kuncup. Ada kelopak yang tanggal setelah bunga mekar. Daun mahkota (petal) biasanya lebar dan berwarna-warni untuk memikat lebah dan kupu-kupu. Sela jantan bunga terdapat pada serbuk sari dan benang sari (antera). Sel betina terdapat didalam indung telur (ovarium) dibawah tangkai putik.
·         Kemangi sering digunakan pada masakan mediterania dan sebagai obat anti serangga.
·         Peterseli digunakan sebagai hiasan, zat tambahan pada saus dan obat saluran kencing.
·         Laurier digunakan sebagai berbagai masakan
·         Mentol digunakan untuk membuat teh dan agar-agar mentol. Mentol juga bisa melegakan hidung yang tersumbat serta melancarkan pencernaan.
·         Taragon biasanya digunakan pada masakan perancis
·         Rosmarin merupakan pelengkap bagi hidangan daging domba dan biasanya dibubuhkan pada teh untuk obat sakit kepala serta gangguan perut.
·         Salie digunakan sebagai penyedap hidangan daging dan obat flu serta radang tenggorokan.
·         Oregano digunakan untuk masakan daging, piza, dan untuk membantu pencernaan.
·         Timus digunakan sebagai wewangian tambahan untuk daging, sebagai hiasan, dan obat penyakit mulut, tenggorokan serta dada.

Penyerbukan
Untuk menghasilkan benih, sel jantan pada serbuk sari harus membuahi sel betina pada sel telur. Untuk itu, serbuk sari harus pindah dari benang sari ke kepala putik betina. Serbuk sari pada beberapa bunga berbentuk kecil, ringan, dan bersayap. Karenanya serbuk sari ini dapat pindah dari satu bunga ke bunga lain oleh angin. 

Lebah dan bunga
Lebah membantu penyerbukan. Saat lebah makan nektar dan serbuk sari bunga, sebagian serbuk sari menempel dikakinya. Ketika hinggap pada bunga lain, kepala putik (bagian betina bunga) diserbuki dengan tepung sari dan kakinya.


Nektar
Kupu-kupu, ngengat, kelelawar dan burung mendapat makanan dari nektar bunga yang manis serta kaya energi. Lebah mengubah nektar menjadi madu disarangnya.

Hortikultura
Sejak awal peradaban manusia, bunga telah dibudidayakan karena wangi dan berwarna indah. Mawar kebun adalah hasil kultivar dari mawar liar. Mawar kultivar ini berukuran lebih besar, bunga lebih banyak, warna daun mahkota lebih bervariasi, bau lebih harum, dan waktu berbunga lebih lama. Seni berkebun disebut holtikultura.

Bunga cenderawasih
Tumbuhan cenderawasih berasal dari tepian sungai di Afrika Selatan. Kini tumbuhan ini banyak tumbuh ditaman serta kebun. Setiap tumbuhan memiliki bunga jingga cerah yang bentuknya mirip dengan kepala dan paruh burung cenderawasih. Bunga cenderawasih tumbuh secara bersusun dari sebuah kelopak bunga panjang yang kaku berwarna hijau kemerah-merahan.


Bunga lili kecil memiliki bau yang harum, daunnya berbau harum, bau harum bunga menarik kupu-kupu, lebah dan manusia. Bunga mawar dan bunga lili kecil sering digunakan untuk pembuatan parfum dan sabun.


No comments:

Post a Comment