Wednesday 25 May 2016

BAGIAN-BAGIAN BUMI DAN PEMBENTUKAN BUMI



Bumi
Sebuah bola batu besar yang berputar di angkasa menjadi tempat tinggal kita di jagat raya. Bola itu adalah bumi, salah satu dari 9 planet yang mengitari matahari. Sejauh diketahui, bumilah satu-satunya tempat yang memungkinkan kehidupan. Bumi memiliki oksigen di atmosfer dan ada air di lautan, dua hal yang sangat penting untuk kehidupan. Dari semua planet, hanya bumi yang letaknya tepat, tak terlalu jauh dari matahari dan tak terlalu dekat. Maka suhunya tak terlalu panas atau dingin. Kurang dari sepertiga permukaan bumi adalah daratan, sisanya adalah lautan. Bagian dalam bumi terdiri dari lapisan batuan, yang mengelilingi inti bumi. Inti ini terdiri dari besi dan nikel. Mahkluk hidup bisa bertahan di bumi karena kehidupan disini berjalan seimbang. Tapi banyak orang mulai cemas akan polusi, ledakan penduduk dan penyalahgunaan sumber daya alam yang bisa menghancurkan keseimbangan itu. Akibatnya, bumi tidak aman lagi bagi makhluk hidup.

ATMOSFER
Bumi dikelilingi lapisan udara yang disebut atmosfer. Tebalnya sekitar 2.000 km. Lapisan udara ini terutama mengandung nitrogen dan oksigen gas. Atmosfer menjaga bumi agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Lapisan udara ini juga melindungi bumi terhadap sinar ultra ungu dari matahari. Sinar ini berbahaya bagi makhluk hidup. Di lapisan atmosfer terdapat awan. Awan ini mengandung butir-butir air yang berasal dari uap air laut dan air daratan. Butir-butir air itu kemudian turun ke bumi sebagai hujan.

KERAK BUMI
Lapisan batuan yang paling atas di permukaan bumi di sebut kerak bumi. Di bawah benua, ketebalan kerak bumi mencapai 70 km, tetapi di bawah lautan hanya sekitar 6 km. Suhu dibagian bawah kerak bumi mencapai sekitar 1.050o C. Bumi terbentuk dari lapisan udara, air, besi, nikel dan batuan dibagian tengah terdapat inti bumi yang terbentuk dari besi dan nikel.

BATUAN CAIR
Bagian dalam bumi sangat panas karena proses radioaktif batuan di perut bumi. Suhunya begitu tinggi sehingga sebagian batuan meleleh dan kadang-kadang naik ke permukaan bumi. Lelehan yang keluar itu dinamai lahar.

BAGIAN-BAGIAN BUMI
1.    Lautan
Lautan merupakan cekungan besar yang berisi air dengan kedalaman rata-rata  3.500 m
2.    Mantel Bumi
Di bawah kerak bumi terdapat lapisan mantel bumi. Mantel ini merupakan lapisan batuan setebal 2.900 km. Dibagian bawah lapisan mantel, suhu naik hingga 3.700oC, tapi batuannya tetap padat karena berada di bawah tekanan tinggi.
3.    Inti luar
Inti bumi terdiri dari atas dua lapisan, yaitu inti dalam dan inti luar. Ketebalan inti luar sekitar 2.000 km. Lapisan ini terdiri atas besi cair. Suhunya hampir 2.200o C.
4.    Inti dalam
Inti dalam yang terdapat di pusat bumi merupakan sebuah bola berdiameter 2.740 km. Bola ini terdiri atas besi dan nikel padat. Suhu dipusatnya mencapai sekitar 4.500oC.



TEORI MENGENAI BUMI
Dulu orang mengira bumi ini datar. Baru sekitar 2.500 tahun lalu bangsa yunani menemukan bahwa bumi bulat. Sekitar tahun 260 SM  Aristarchus, ilmuan Yunani, mengemukakan bahwa bumilah yang mengelilingi matahari, bukan sebaliknya. Tapi baru pada tahun 1543 gagasan itu didukung oleh Nicolas Copericus (1473-1543 ), ilmuan Polandia. Hingga kini masih muncul aneka teori mengenai bumi. Salah satu adalah teori Gaia, yang menyatakan bahwa seluruh bumi bertindak tanduk sebagai makhluk hidup.

PEMBENTUKAN BUMI
Menurut ilmuan, bumi berusia sekitar 4,6 miliar tahun. Beberapa contoh batuan bulan dan meteorit ( batuan angkasa luar yang jatuh ke bumi ) juga berusia sama. Dari situ dapat disimpulkan bahwa seluruh tata surya terbentuk secara bersamaan. Matahari, bumi dan planet lain terbentuk dari awan gas dan debu.







No comments:

Post a Comment