Saturday 18 June 2016

Sejarah pertama helikopter



Dari semua mesin terbang, helikopterlah yang paling serba bisa. Ia bisa terbang maju, mundur, menyamping dan mengawang. Ia juga bisa naik atau turun secara tegak lurus. Karenanya, ia dapat lepas landas tanpa perlu landasan pacu. Ia menyelamatkan manusia di pegunungan, terbang ke anjungan minyak lepas pantai, dan bahkan mendarat di atas pencakar langit. 

Ada aneka bentuk dan ukuran helikopter. Ada yang dibuat untuk mengangkut hanya 1 orang dan ada pula yang dibuat untuk mengangkat sebuah truk. Helikopter memiliki 1 atau 2 rotor besar. Bilah-bilah rotor berbentuk seperti sayap panjang tipis. Saat rotor berputar, helikopterpun terangkat ke atas dan mengembara di udara menurut gerak rotor.

Helikopter serbaguna
Helikopter EH 101 dapat membawa 30 penumpang atau pasukan, membawa 16 pasien dalam tandu sebagai ambulans udara, atau mengangkat beban 6 ton lebih. Helikopter terbang dengan kecepatan 280 km/jam. Satu dari tiga mesin turbin gas, bilah-bilah rotor terbuat dari plastik ultra-kuat, badan helikopter terbuat dari campuran logam ringan dan plastik yang kuat, awak helikopter diturunkan ke rakit penyelamat, roda-roda terlipat masuk ke ruang di sisi helikopter, rotor ekor menjaga agar helikopter tidak berputar-putar, ekor dan sirip membuat helikopter tetap stabil selama terbang, rakit penyelamat berisi para korban yang selamat dari kecelakaan kapal.

Lepas Landas
Bilah-bilah rotor menghasilkan daya angkat untuk mengangkat helikopter. Tongkat kolektif mengendalikan rotor sehingga helikopter dapat naik, turun, atau mengawang. Tonkat siklik memiringkan rotor utama sehingga helikopter dapat mundur, maju atau menyamping. Rotor di ekor menjaga helikopter agar tidak berputar-putar. Rotor itu dikendalikan dengan pedal sehingga helikopter dapat dihadapkan ke segala arah.


Helikopter dengan rotor ganda
Helikopter besar, seperti boeing Chinook ini, bisa jadi bermesin rotor ganda.kedua rotor utama ini berputar dengan arah berlawanan. Tidak ada rotor ekor. Helikopter terbesar di dunia adalah helikopter Rusia Mil Mi 12. Helikopter ini memiliki rotor ganda yang digerakkan oleh mesin turbin gas. 

Perkembangan Helikopter
Seniman dan ilmuwan Italia, Leonardi da Vinci, membuat sketsa helikopter sederhana 5 abad lalu, tapi barangnya tidak pernah dibuat. Baru tahun 1907 ada helikopter yang membawa orang. Helikopter ini dibuat oleh Paul Cornu, seorang mekanik Perancis. Igor Sikosky, seorang Rusia Amerika membuat helikopter tipe VS-300 pada 1939. Ini adalah helikopter pertama dengan rotor tunggal yang menjadi model helikopter selanjutnya.


No comments:

Post a Comment