Saturday 18 June 2016

dunia hewan



Dunia hewan meliputi bagian terbesar dari makhluk hidup. Ilmuwan memperkirakan terdapat lebih kurang 10 juta spesies, mulai dari hewan sangat kecil dan sederhana hingga hewan raksasa seperti ikan paus biru. Dunia hewan terbagi dalam banyak kelompok. Contohnya landak termasuk bangsa insektivora (pemakan serangga). Namun ia juga termasuk kelas mamalia dan semua mamalia masuk kelompok vertebrata (bertulang belakang).

Hewan adalah makhluk hidup yang dapat makan, bergerak, dan berkembang biak. Indranya meliputi pencium, peraba, penglihat, pendengar dan perasa. Siklus hidupnya dimulai dari lahir, tumbuh, menjadi dewasa, berkembang biak dan akhirnya mati. Hewan perlu makan demi pertumbuhannya. Makanan memberinya tenaga untuk bergerak. Tapi ada juga jenis hewan yang tidak bergerak misalnya koral yang menempel pada batu sepanjang hidupnya. Dari jenis hewan yang pernah hidup hanya sebagian yang masih ada hingga kini. Banyak jenis hewan mulai dari dinosaurus sampai burung dodo telah punah, banyak hewan lain seperti gajah dan harimau dapat pula punah mati.

Kerangka dalam
Dunia hewan dapat dibagi atas vertebrata dan invertebrata. Hewan vertebrata mempunyai kerangka dalam dengan sebuah tulang belakang, pada umumnya dari tulang keras. Tulang belakang pada sebagian vertebrata laut seperti hiu terbuat dari tulang rawan atau kartilago.

Katak
Seperti hewan lainnya, katak hijau waspada terhadap keadaan sekitanya dan dapat bergerak, makan, dan berkembang biak. Katak termasuk dalam kelas amfibia. Amfibia menghabiskan sebagian hidupnya di air atau dekat air.






Hewan tertinggi
Jerapah adalah hewan tertinggi sekarang ini. Tinggi jerapah jantan yang dewasa dapat mencapai 5 meter sampai keujung tanduknya.






Organ dalam kerangka
Dalam tubuh hewan misalnya katak terdapat berbagai organ dengan berbagai bentuk dan ukuran. Masing-masing organ mempunyai fungsi tertentu. Beberapa organ mengelompok untuk membentuk sebuah sistem tubuh seperti sistem pencernaan, sistem sirkulasi darah, dan sistem reproduksi. Sistem saraf dan sistem hormon mengendalikan dan mengkoordinasi semua sistem dalam tubuh.

Tulang kerangka
Tiap hewan vertebrata punya model kerangka yang berbeda, tergantung pada ukuran dan cara hidup. Misalnya katak punya tungkai belakang yang panjang dan kuat untuk melompat. Namun hewan vertebrata punya beberapa kesamaan antara lain memiliki tengkorak yang berisi otak, alat-alat indra utama, dan 2 pasang tungkai. Beberapa tulang, seperti tulang tengkorak terpasangbersama secara kuat. Sedang yang lain tersambung pada sendi-sendi fleksibel seperti pada tulang tungkai.

vertebrata
Kelompok terbesar hewan vertebrata adalah ikan, amfibia, reptilia, burung, dan mamalia. Burung dan mamalia berdarah panas. Tubuh mereka menghasilkan panas hingga mereka tetap bisa aktif dalam cuaca dingin. Ikan, reptilia dan amfibia disebut hewan berdarah dingin karena tidak dapat mengatur suhu tubuhnya.
Ikan mencangkup hiu, pari dan salem
Manusia adalah salah satu dari mamalia terbesar
Amfibia mencangkup salamander, katak dan bangkong
Burung mencangkup pelikan, elang dan camar
Mamalia mencangkup tikus, kucing dan koala
Reptilia mencangkup kura-kura, buaya, ular dan kadal

Kerangka luar
Banyak hewan invertebrata seperti serangga dan laba-laba mempunyai kerangka luar yang keras. Kerangka luar memiliki sendi-sendi fleksibel. Dari dalamnya, otot dapat meregang dan mengendur sehingga hewan dapat bergerak. Kerangka luar yang tidak dapat membesar, melindungi organ-organ dalam. Jika hewan invertebrata semakin besar, maka kerangka luarnya tanggal dan digantikan dengan yang baru dibawahnya.

Organ dalam invertebrata
Organ dalam hewan invertebrata yang rumit misalnya udang, memiliki kesamaan dengan organ dalam vertebrata. Udang bersama serangga dan laba-laba termasuk dalam kelompok hewan berkaki ruas atau artropoda. Saat udang berganti kulit, pelindung sungut dan matanya pun ikut tanggal.

Invertebrata
Sebagian invertebrata misalnya siput, bertubuh lunak dan terlindung dalam cangkang. Yang lain msialnya ubur-ubur juga bertubuh lunak namun tanpa pelindung. Serangga adalah kelompok invertebrata terbesar. Terdapat 1 juta lebih jenis serangga. Invertebrata terkecil hanya dapat dilihat dengan mikroskop, sedang yang terbesar adalah cumi-cumi raksasa (20 meter).
Krustasea meliputi rajungan, lobster dan teritip
Coelenterata meliputi ubur-ubur, koral dan anemon laut
Briozoa meliputi karpet laut dan hewan lumut
Echinodermata meliputi bintang laut, landak laut dan timun laut
Arachnida meliputi laba-laba, kalajengking dan caplak
Serangga meliputi kumbang, lalat dan kutu
Moluska meliputi siput, kerang dan gurita
Annelida meliputi cacing tanah dan lintah
Cacing pipih meliputi antara lain cacing pita
Nematoda meliputi cacing tambang dan cacing kait

No comments:

Post a Comment