Monday 6 June 2016

Riwayat Christopher Columbus dan James Cook



Tahun 1492 tiga kapal layar kecil bernama nina, pinta dan santa maria berangkat dari Spanyol untuk mengadakan pelayaran yang sangat berani. Tujuannya adalah mencari jalur laut baru ke timur untuk memperoleh rempah dan harta karun. Pemimpinnya adalah Christopher Columbus, pelaut Italia dari Genoa. Tidak seperti penjelajah lain yang berlayar ke timur, columbus berlayar ke barat , dengan keyakinan dia akan tiba di India dalam beberapa bulan. Bangsa spanyol ingin sekali berdagang dengan India dan wilayah asia lain. Maka Columbus membujuk Ratu Isabella dari Spanyol untuk membiayai ekspedisinya. 

Christopher Columbus
Pada bulan Agustus dia mulai berlayar, dua bulan kemudian dia melihat daratan yang di yakini nya sebagai asia. Padahal itu adalah Kepulauan Karibia, Amerika Tengah. Ekspedisi ini membuka jalan bagi pemukiman orang Eropa di Amerika. Pelayaran pertama Columbus  dari Spanyol ke Karibia memakan waktu empat bulan. Dia berlayar tiga kali lagi tapi tidak menemukan daratan utama benua Amerika. Berangkat dari Spanyol 3 Agustus 1492, mendarat di Salvador 12 Oktober Amerika. Pulang kembali ke Spanyol 19 Januari 1493.

Menjelajahi Karibia
Ketika Columbus tiba di Karibia, dia disambut oleh orang-orang karib dan arawak. Penduduk asli Amerika itu dinamai Indian karena para penjelajah mengira mereka berada di India. Awak kapal Santa Maria membawa 40 orang awak. Resiko utama dari pelayaran panjang seperti itu adalah kehabisan makanan dan air.
Kapal santa maria, kapal utama Columbus  ini adalah kapal barang dari kayu. Jalannya lamban, bentuknya janggal, dan besarnya tidak lebih dari kapal pukat ikan modern. Kapal tersebut bergantung pada kekuatan angin. Kondisi di atas kapal penuh sesak. Peta yang dipakai Columbus dibuat pada abad ke 2 oleh pembuat peta dari Yunani, Ptolemeus. Dalam peta itu benua Amerika, Australia ataupun pasifik tidak ada.

James Cook

James Cook
Pada akhir musim panas tahun 1768, sebuah kapal layar kecil meninggalkan Playmouth, Inggris untuk melakukan ekspedisi ke lautan pasifik. Kapten kapalnya adalah James Cook. Di kemudian hari ia menjadi salah satu penjelajah terbesar di dunia. Pelayaran itu memakan waktu tiga tahun. Cook adalah navigator terkemuka dan kapten yang baik. Dia menuntut kelasinya makan sauerkraut (acar kubis) dan buah. Karena itu, ia menjadi kapten pertama yang menyelamatkan kelasinya dari kudisan, yaitu penyakit kekurangan vitamin C. Setibanya di Inggris, ia di tugasi lagi untuk berlayar ke kutub selatan dan kutub utara. 

Dalam pelayaran ini, ia menjadi orang Eropa pertama yang singgah di sejumlah pulau di pasifik, berlayar ke selatan daripada orang Eropa lain, dan menambahkan banyak daerah bagi kerajaan Inggris, termasuk Australia dan Selandia Baru. Cook membersihkan udara dalam kapal sekali seminggu dengan membakar cuka dan serbuk mesiu.

Pelayaran pertama
Pada pelayarannya yang pertama, cook ditugaskan oleh angkatan laut kerajaan Inggris untuk mengamati planet venus yang mengorbit antara bumi dan matahari. Dia juga mendapat perintah rahasia dari pemerintah untuk mencari benua di daerah selatan. Mereka ingin menjadikan benua itu bagian dari Kerajaan Inggris. Cook gagal, namun dalam usahanya itu dia menjadi orang Eropa pertama yang berkunjung ke Selandia Baru dan Australia. Kepulauan Sandwich (hawai), penduduk kepulauan ini membunuh kapten  Cook di sini pada 14 Februari 1779.

Membuat catatan
Cook membuat banyak peta dan mencatat setiap peristiwa secara rinci. Para ilmuwan mengumpulkan berbagai spesimen tumbuhan dari daratan yang mereka kunjungi. Karena saat itu belum ada kamera, pelukis menggambar penduduk dan flora-fauna yang mereka lihat untuk ditunjukkan kepada orang-orang di daerah asal mereka. Mereka mengumpulkan banyaknya spesimen tumbuhan dari satu teluk di Australia yang mereka namakan teluk Botany. Daerah itu kemudian menjadi tempat penjara yang mengerikan. Panjang kapal Endeavour 30 meter. Bobotnya 360 ton. Kapal ini membawa 112 kelasi serta 5 ilmuwan.

Riwayat James Cook
o   1728 Lahir di Yorkshire, Inggris
o   1741 Menjadi anak buah kapal di kapal batubara freelove
o   1759 membuat peta sungai st. Lawrence di Kanada
o   1772-1775 Mencari benua selatan, yang menurut ilmuwan seharusnya ada, menjelajahi Kutub Selatan.
o   1775 Menjadi kapten
o   1776-1779 Pelayaran mencari jalur barat laut di sekitar amerika utara
o   1779 Terbunuh di kepulauan Sandwich (Hawaii)




No comments:

Post a Comment