Friday 10 June 2016

Eropa



Dibandingkan dengan Asia di sebelah timurnya, Eropa hanyalah benua kecil. Tapi budayanya merambah jauh ke luar perbatasannya. Sejarah  panjang Eropa dipenuhi oleh kemakmuran, kemajuan perdagangan dan industri serta pendirian negara. Sebagian besar kemakmurannya berasal dari tanahnya yang subur, pengairan dari berbagai sungai dan hujan yang banyak. Tapi iklim di Eropa sangat beragam. Negara-negara Eropa Selatan berbatasan dengan Laut tengah. Banyak turis datang ke pantainya untuk menikmati musim panas yang panjang dan panas. Di ujung utara, Eropa berbatasan dengan lingkaran Arktik yang dingin. Di Eropa juga ada pegunungan tinggi seperti pegunungan alpen dan pegunungan pyrenia. Penduduknya 786 juta orang beragam. Orang nordik di utara memiliki rambut pirang, kulit terang dan mata biru. Sedang orang eropa selatan berkulit lebih gelap, rambut ikal dan tidak pirang. Gedung-gedung tua di Eropa tampak indah, namun arsitektur yang indah ini tidak hanya dekorasi semata. Batu dan batubata melindungi gedung dari cuaca yang dingin dan lembab.

Uni Eropa dibentuk dengan tujuan memajukan kesatuan ekonomi dan politik antara anggota-anggotanya. Dulu Uni Eropa disebut Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), lalu Masyarakat Eropa (ME). Pada bendera Uni Eropa, terdapat 12 bintang yang melambangkan 12 anggotanya yang pertama. Kini anggotanya berjumlah 15. 

Lokasi, Eropa berbatasan dengan Laut tengah di selatan dan lautan Atlantik di barat kepulauan Inggris dan Islandia termasuk bagian dari Eropa. Pegunungan Ural di Federasi Rusia menandai perbatasan yang panjang dengan Asia di timur.

Danube (Donau), sungai terpanjang kedua di Eropa adalah sungai Danube. Sungai ini mengalir dari hutan hitam dan melewati 9 negara di Eropa yaitu Jerman, Austria, Slovakia, Hongaria, Kroasia, Yugoslavia, Rumania, Bulgaria dan Ukraina.

Sungai Danube

Perkotaan, kebanyakan orang Eropa hidup diperkotaan. Sejak dulu, kota-kota berkembang di tempat orang-orang melakukan usaha dagang, akibatnya, Eropa bertaburan kota-kota. Bangunan-bangunan tua yang indah memenuhi pusat-pusat kota tersebut. Beberapa diantaranya adalah monumen sejarah yang telah dipugar dan dijadikan pertokoan dan perkantoran moderen. Perusahaan-perusahaan Eropa memodernisasikan pabrik-pabriknya untuk meningkatkan daya saingnya dengan pihak asing, khususnya dengan Jepang.

Industri skala besar bermula di Eropa, berbagai penemuan pada abad ke 18 dan ke 19 memungkinkan barang dapat diproduksi secara murah dan dalam jumlah besar. Revolusi industri segera menyebar ke bagian dunia lain termasuk Amerika Serikat, India dan Jepang. Industri manufaktur masih memegang peranan penting di sebagian besar negara-negara Eropa.

Perdagangan, bangsa Eropa adalah pedagang ulung. Antara abad ke 15 dan ke 18, negara-negara Eropa menjadi yang terkuat didunia. Mereka membawa dagangannya ke seluruh dunia. Para pemukim Eropa memerintah sebagian dari Amerika, Afrika, India, Australia dan Asia Tenggara. Hampir semua wilayah ini kini sudah merdeka. Namun sisa-sisa peninggalan budaya Eropa masih ada.

Skandinavia, sebuah semenanjung besar berbentuk seperti kait mengitari sebagian besar laut baltik dan memanjang ke lingkaran arktik. Norwegia dan swedia terdapat di semenanjung ini. Kedua negara ini bersama denmark termasuk bagian dari skandinavia. Finlandia disebelah timur laut baltik dan islandia diutara lautan atlantik juga sering dianggap sebagai dari bagian dari kawasan itu. Zaitun, jeruk, jeruk limau, bunga matahari, semangka, tomat, dan terung tumbuh subur diwilayah laut tengah yang beriklim hangat.

Ternak kambing dan domba lebih umum daripada sapi, karena sapi membutuhkan padang rumput yang subur. 

Seni dan budaya, eropa memiliki tradisi seni dan budayanya sendiri yang sangat berbeda dengan bagian dunia lain. Seni lukis cat minyak, musik klasik, dan tari balet berasal dari eropa. Tradisi seni teater, musik, sastra, lukis, dan pahat di eropa dimulai sejak zaman kuno. 

Laut tengah, sepuluh negara dieropa berbatasan dengan laut tengah : spanyol, prancis, monako, italia, slovenia, kroatia, bosnia dan herzegovina, yugoslavia, albania, dan yunani. Sebagian kecil dari turki juga masuk eropa. Penduduk L. Tengah secara tradisional hidup dari bertani (atas) . tapi kini banyak dari negara-negara itu sudah maju industrinya. Meskipun iklim di sekitar L.tengah lebih hangat dibandingkan eropa utara, musim dinginnya bisa cukup dingin. 

Menara Eiffel di Perancis



Negara Negara Baltik
Lithuania, latvia, dan estonia, negara-negara yang berlahan pertanian didataran rendah ditimurlaut laut baltik, adalah kelompok negara-negara baltik. Negara-negara ini dibentuk tahun 1918. Sebelum diduduki uni soviet tahun 1940, ketiga negara ini merupakan negara merdeka. Tahun 1990 lithuania menjadi salah satu republik soviet yang sejak dini menyatakan kemerdekaannya, disusul  estonia dan latvia tahun 1991.


No comments:

Post a Comment