Sunday 5 June 2016

Cina



Untuk menggambarkan Cina dibutuhkan angka besar-besar. Negeri ini amat luas, lebih dari 9,5 juta km2. Sejarah tertulis Cina berawal 3.500 tahun lalu, lebih awal dibandingkan negeri mana pun. Jumlah penduduk nya 1,2 miliar orang, berarti 1/5 penduduk dunia adalah orang cina. Cina adalah negara terbesar ketiga di dunia. Letaknya di bagian timur asia, antara rusia di utara, asia tenggara di selatan dan anak benua India di barat. Laut Cina timur ada di sebelah timur.

 Ada banyak keragaman di negeri ini. Penduduk berbagai daerah tampak berbeda satu sama lain. Kebanyakan penduduknya adalah suku bangsa Han. Sekitar 90 % penduduk Cina tergolong bangsa Han. Nenek moyang bangsa ini mungkin berasal dari Turkestan, yang mencangkup Cina barat, Asia Tengah dan Afganistan. Namun mungkin juga bangsa Han merupakan keturunan suku-suku bangsa mongol dari utara Cina. Ciri-ciri wajahnya seperti orang menanam padi pada gambar di bawah. Tapi sebagian penduduk di bagian barat mirip dengan orang Pakistan dan India. Tanahnya pun beragam. Di timur dan tenggara, daerah paling padat penduduknya, tanahnya subur. Daerah lain berupa gurun pasir dan batuan tandus. 

Bangsa Han, Cina
 
Nenek Moyang Bangsa Han, Cina
Mengatur dan memberi makan penduduk Cina yang amat beragam dan berjumlah besar merpakan tugas yang amat berat. Pemerintah Cina, yang di kuasai oleh partai Komunis sejak 1949, berusaha menyediakan pangan, pendidikan, dan perawatan kesehatan yang cukup bagi seluruh rakyat. Ini tercapai berkat pemerintah yang kuat dan penduduk yang patuh. Tapi penduduk di beberapa daerah masih miskin. Mobil pribadi hampir tidak dikenal di Cina. Sepeda menjadi alat transportasi utama bagi orang dan barang. 

Penggunaan lahan
Hanya 15 % dari luas daratan Cina yang di huni penduduk, terutama di lembah sungai di timur. Seperlima penduduknya hidup di kota besar. Sisanya hidup di desa dengan menanam padidan gandum serta beternak babi dan lainnya. Sebagian besar daratan Cina bergunung-gunung. Gurun takla makan di timur beriklim dingin dan kering. Hanya sedikit penduduk yang tinggal di situ.

Petani Cina memanfaatkan tiap lahan yang cocok untuk ditanami. Ada yang membuat petak sawah di lereng bukit untuk ditanami padi dan tanaman lain.

Keluarga merupakan lembaga terpenting bagi bangsa Cina. Anak menghormati orang tua dan menjaga mereka pada masa tua. Penduduk Cina terus bertambah. Kini pemerintah memberikan penghargaan kepada keluarga yang hanya memiliki satu anak saja.

Ibu kota Cina ada Beijing, yang dahulu di sebut Peking. Beijing moderen berkembang di sekiling pusat kota lama. Di utara dan darat terdapat universitas Beijing dan perumahan. Daerah industri ada di timur. Di pusat kota lama terletak lapangan Tienanmen (gerbang damai surgawi). Perayaan hari libur nasional di adakan di situ. Kota lama sebenarnya terdiri dari dua kota tertutup tembok yaitu kota dalam dan kota luar.

Statistik negara Cina
Luas : 9.572.900 km2
Penduduk : 1.285.000.000
Ibukota : Beijing (Peking)
Bahasa : Mandarin, Kanton, bahasa daerah dan dialek setempat
Agama : Buddha, kong hu cu, tao, islam
Mata uang : Yuan
Mata pencaharian utama : pertanian dan industri

Shanghai
Kota terbesar Cina, Shanghai (atas), merupakan salah satu pelabuhan terbesar di dunia. Berabad-abad Cina tertutup bagi dunia barat. Tapi pada tahun 1842 pelabuhan itu di buka bagi pedagang barat setelah Cina dan Inggris menyetujui traktat nanking. Sejak itu, shanghai menjadi pusat perdagangan dan industri terkemuka di Cina. Kini separuh perdagangan luar negeri Cina dilaksanakan lewat kota itu.

Pelabuhan Shanghai, Cina


Taiwan
Taiwan berada di bawah pemerintahan kaum nasionalis Cina yang lari ke Taiwan setelah kehilangan kekuasaan di Cina daratan pada 1949.

Statistik negara Taiwan :
Luas : 36.000 km2
Penduduk : 22.200.000
Ibu kota : taipei
Bahasa : Cina
Agama : Buddha, Tao dan Kristen
Mata uang : Dollar Taiwan

Taiwan



Hongkong
Hongkong dikuasai Inggris selama 155 tahun, sebelum dikembalikan ke Cina pada tahun 1997. Luas : 1.071 km2 , penduduk : 5.800.000

Hongkong
 Makao
Makao kembali ke Cina pada tahun 1999 setelah menjadi daerah administrasi portugal sejak 1556. Luas : 16 km2, Penduduk : 487.000
 
Makao
Ilmu kedokteran
Ilmu kedokteran Cina merupakan perpaduan Timur dan Barat. Bedah moderen dan teknik pembiusan dipelajari di eropa dan amerika serikat. Tapi para dokter Cina masih memakai pengobatan tradisional yang telah dikenal selama ribuan tahun, termasuk jamu dan obat tradisional lain. Untuk mengurangi rasa sakit, dokter Cina kadang memakai akupuntur, suatu teknik pengobatan dengan tusuk jarum ke bagian-bagian tubuh tertentu. “ dokter bertelanjang kaki atau tabib menjaga kesehatan penduduk desa dengan obat-obatan tradisional. Apoteker atau ahli kimia Cina memanfaatkan berbagai tumbuhan dan hewan untuk pengobatan.

Industri
Pabrik-pabrik di Cina telah di modernisasikan sejak tahun 1949, tapi masih ketinggalan dibandingkan dengan pabrik di Jepang dan Amerika Serikat. Namun Cina unggul dalam pembuatan pesawat televisi. Cina juga menghasilkan barang elektronik lain, mesin pertanian, perkakas mesin, dan tekstil. Dengan jumlah penduduk yang besar, Cina tidak akan kekurangan tenaga kerja. Biksu Buddha di Tibet, sebelah barat daya Cina, menghabiskan waktunya dengan belajar dan menulis.

Makanan
Nasi adalah salah satu menu utama makanan Cina, begitu juga mie dan aneka sayuran. Makanan kering, kedelai, ikan dan daging juga dipakai dalam masakan Cina yang sangat beragam menurut daerah-daerahnya. Orang Cina makan pakai sumpit. Dua sumpit dipegang pada satu tangan. Makanan diambil dengan dijepit di ujung kedua sumpit.

Bahasa Cina
Cina mandarin, bahasa resmi Cina. Di pakai di seluruh Cina kecuali di daerah pantai tenggara. Di sini dipakai bahasa kanton dan bahasa-bahasa Cina lain. Dalam setiap bahasa ada banyak dialek. Meski setiap kosa kata berbeda, semua variasi di tulis dengan tulisan sama. Tulisan Cina terdiri dari ribuan lambang. Tiap lambang mewakili kata atau pengertian yang berbeda.

Budaya
Cina memiliki budaya kuno yang kaya. Di makam orang-orang Cina kuno ditemukan lukisan yang berusia lebih dari 6.000 tahun. Kini, tradisi seni berlanjut dalam bentuk tarian dan musik rakyat. Film, opera dan teater juga populer. Opera Peking menampilkan karya tradisional dan baru, yang sebagian besar bertema politik. Para seniman didorong untuk menghasilkan karya yang mengambarkan prestasi bangsa Cina.


No comments:

Post a Comment