Wednesday 1 June 2016

Burung elang dan burung pemangsa lain



Dunia hewan memiliki pemburu-pemburu perkasa, seperti  ikan hiu di laut dan singa di darat. Pemburu paling tangguh di udara adalah burung elang. Burung pemangsa seperti elang, falkon, alap-alap dan burung hantu disebut juga burung perampas. Ada sekitar 280 jenis elang. Semuanya berpenglihatan sangat tajam. Sambil terbang tinggi, ia mengintai mangsa di tanah. Burung pemangsa bertungkai panjang dan kuat dengan cakar tajam untuk mencengkeram mangsa. Paruhnya tajam dan berkait untuk mengoyak daging. Salah satu elang terbesar yang paling mengesankan adalah ekor baji di Australia. Bentang sayapnya bisa sampai 2,5 m. Burung Kestrel Eurasia adalah burung pemangsa terkenal. Ia sering  tampak melayang sambil mengintai mangsa di rerumputan. Banyak burung pemangsa kini menjadi hewan langka karena habitatnya telah menjadi lahan pertanian dan makanannya tercemari pestisida. 

BURUNG ELANG

Jenis-jenis burung pemangsa
·         Burung elang ikan
Elang ikan afrika memiliki bulu yang panjang di ujung sayapnya untuk mengendalikannya melayang di udara. Penglihatannya tajam dan selalu mengincar ikan saat terbang menyusuri danau, rawa dan sungai.

·         Burung Alap-alap
Alap-alap adalah pemburu burung-burung kecil di hutan. Ia dapat menyerang dengan menukik cepat ke arah mangsa atau  memburunya dengan terbang zigzag di antara pepohonan.

ALAP-ALAP


·         Burung elang kepala putih
Elang sering menjadi simbol kekuatan karena ukuran dan keperkasaannya. Elang kepala putih (kiri), semacam elang ikan, menjadi lambang negara Amerika Serikat (USA). Karena bulu putih kepalanya kontras dengan bulu hitam tubuhnya, ia seolah-olah tampak gundul.

·         Burung kondor
Burung kondor termasuk salah satu diantara burung-burung peterbang besar. Bentang sayapnya dari ujung bisa mencapai 3 meter. Burung kondor andes di amerika selatan dapat melayang tinggi mengitari pegunungan selama berjam-jam.

·         Falkon
Ratusan tahun silam, falkon, alap-alap dan burun-burung pemangsa lain dilatih untuk berburu hewan lainnya. Untuk menenangkannya, burung kestrel eurasia ini dikerudungi sebelum dilepas untuk berburu. Falkon terutama terkenal di kalangan penggemar burung di Timur Tengah.

·         Pemakan bangkai
Elang bangkai dan burung kondor terutama hidup dari bangkai hewan atau hewan yang sekarat. Ia terbang tinggi berputar-putar di angkasa untuk mencari makanan. Begitu melihat bangkai, elang bangkai langsung menukik cepat serta di ikuti elang-elang bangkai lain di dekatnya. Segera terkumpullah lebih dari 50 ekor elang bangkai yang menggerogoti bangkai tersebut.

·         Burung elang bangkai raja
Seperti elang bangkai lainnya, elang bangkai raja yang berwarna-warni dari amerika selatan berkepala dan berleher gundul. Elang bankai ini hidup dihutan basah dan terbang di atas puncak-puncak pohon, rawa dan padang rumput untuk mencari bangkai binatang. Elang bangkai raja juga memburu reptilia dan mamalia kecil.

No comments:

Post a Comment