Tuesday 7 June 2016

Hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di danau dan sungai



Danau dan sungai penuh dengan aneka jenis hewan dan tumbuhan. Rumput, gelagah dan tanaman lain tumbuh di tepian air dan menjadi sumber makanan serta tempat berlindung bagi serangga, burung dan mamalia. Tumbuhan hanyut di sungai yang berarus deras. Di danau, tumbuhan kecil terapung menjadi makanan hewan kecil, seperti kutu air dan rebon. 

Hewan kecil ini pada gilirannya menjadi mangsa ikan yang lebih besar. Tanaman lidah tiung yang lebih besar menjadi tempat berlindung bagi ikan yang berjemur. Dedaunan gugur, kotoran hewan, dan tumbuhan yang membusuk memperkaya lumpur dasar sungai dan danau, yang menjadi habitat cacing, siput dan hewan kecil lain. Kini banyak danau dan sungai tercemar. Limbah kimia industri, pupuk pertanian, dan unsur beracun lain mencemari danau dan sungai serta merusak keseimbangan lingkungan alam.

Air tawar
Air danau dan sungai di sebut air tawar. Meskipun hanya 1/3.000 bagian dari air seluruh dunia, air tawar merupakan habitat ribuan jenis tumbuhan dan hewan. Eceng tumbuh di tepian air sungai dan danau.

Hewan yang ada di danau dan sungai

·         Tikus besar kesturi
Tikus besar kesturi adalah sejenis hewan pengerat yang makan tumbuhan air dan hewan kecil seperti ikan, kodok dan kerang air tawar. Tikus besar kesturi adalah perenang yang handal karena tungkai belakangnya berselaput. Ekornya yang panjang tanpa bulu berfungsi sebagai kemudi.

Berang-berang
·         Berang-berang raksasa
Anggota terbesar suku berang-berang ini hidup di amerika selatan. Ia bisa tumbuh hingga lebih dari 1,5 meter, termasuk ekornya. Berang-berang memangsa ikan kumis, piranha dan ikan lain. Tidak seperti berang-berang raksasa lebih menyukai habitat sungai kecil dan kolam, dan jarang terlihat di darat. Kini berang-berang ini terancam punah dan termasuk dalam daftar resmi spesies langka.

·         Ikan pike
Ikan pike bersosok besar dan menakutkan. Ikan ini adalah pemangsa yang bermulut besar dan bergigi tajam. Ia menyerang berbagai jenis ikan, termasuk kodok, burung air dan mamalia kecil. Ikan ini hidup di danau dan sungai berarus lambat. Yang terbesar bisa berukuran lebih dari 1 meter.

·         Penyu peta palsu
Salah satu di antara berbagai hewan yang terancam pencemaran sungai dan danau adalah penyu peta palsu dari amerika utara. Limbah kimia beracun mencemari air sehingga jumlah siput dan kerang makanan penyu ini semakin berkurang.

·         Itik ekor kuning
Itik ekor kuning menghuni perairan terbuka di sebagian wilayah Eropa. Itik berekor kaku dan tegak serta dapat menyelam untuk mencari tumbuhan, serangga air, larva dan cacing.

·         Udang satang
Udang satang di sungai-sungai adalah penghuni air tawar yang berkerabat dekat dengan lobster penghuni laut. Ia terutama aktif pada malam hari. Ia menyusuri dasar sungai dengan keempat pasang tungkainya dan makan apa saja, mulai dari tumbuhan, ikan kecil, kerang hingga cacing. Lidah tiung dimakan oleh beraneka ikan danau dan sungai.

·         Bangau
Bangau
Berbagai jenis bangau berdatangan ke danau dan sungai di seluruh dunia. Ia berjalan perlahan di air dangkal. Terkadang ia berdiri tanpa gerak selama beberapa menit, lalu menyambar kodok atau ikan dengan paruh panjang berbentuk lembing.

·         Burung mandar
Selama musim kawin, burung mandar jantan betina membuat sarang di antara tetumbuhan di tepian air. Betina bertelur hingga 11 butir. Burung mandar berjari panjang dan renggang sehingga bisa berjalan di atas dedaunan yang mengambang di sungai, danau dan rawa. Ia memakan rerumputan kolam, buah-buahan dan terkadang seranggga.

·         Anggang – anggang
Serangga air ini memakai tungkai sebagai dayung pada permukaan air. Perenang punggung, serangga yang mirip dengannya, berenang terbalik dekat di bawah permukaan air.

·         Ular air
Banyak ular mampu berenang, namun ular air adalah jenis perenang yang andal, karena dapat meluncur  melintasi danau tanpa menimbulkan riak. Ular air memangsa mamalia kecil, kodok, ikan dan burung air yang kecil beserta telur dan anaknya.

·         Karper kaca
Karper hidup di sungai berarus lambat dan danau yang ditumbuhi rerumputan. Ikan karper kaca dinamai demikian karena tubuhnya di lapisi sisik-sisik besar yang berkilauan serta berbentuk cermin. Ikan karper kaca menjelajahi dasar sungai untuk mencari tumbuhan kecil, keran-kerangan dan cacing.

·         Kumbang air
Kumbang air adalah pemangsa yang ganas. Kumbang ini memangsa berudu, ikan kecil, cacing air dan serangga.

Flora-fauna danau
Pohon wilow dan alder tumbuh di sepanjang tepian danau. Ganggang rush, ganggang tussock sedge, gelagah dan tanaman rawa lainnya tumbuh di dekat air. Tumbuhan semacam bunga teratai dan petongan air tumbuh di air dangkal dan muncul ke permukaan air. Setiap jenis tumbuhan merupakan makanan bagi aneka hewan tertentu.

·         Pohon wilow
Pohon wilow tumbuh subur pada tanah lembab di tepian sungai atau danau. Akarnya yang panjang memperkuat tepian sungai.

·         Teratai
Ada sekitar 200 jenis teratai. Daun dan bunganya mengambang di permukaan air, sedangkan batangnya menjulur sekitar 2 meter dari akarnya yang tertanam dalam lumpur.




No comments:

Post a Comment